Pemkab Palas Raih Predikat Opini WTP dari BPK RI

harian9 author photo
PALAS | H9
Setelah berturut-turut meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Padang Lawas0 Tahun Anggaran 2019, berhasil meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Perwakilan Sumatera Utara (Sumut).

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap LKPD Kabupaten Padang Lawas Tahun Anggaran 2019 yang mendapat penilaian opini WTP tersebut, diterima Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap yang turut didampingi Sekda, Arpan Nasution, S.Sos, Kepala Inspektorat Daerah, Harjusli Fahri Siregar S.STP., diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sumut, Eydu Oktain Panjaitan.

Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap melalui Sekda Arpan Nasution, S.Sos mengatakan predikat WTP ini tentu sangat membanggakan dan akan terus dipertahankan, karena keberhasilan mendapat opini WTP rmenjadi target Pemkab Palas selama ini.

Sekda pun berharap, agar predikat opini WTP ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran OPD Pemkab Palas untuk bekerja lebih baik, transparan dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan. Setelah tim auditor BPK Perwakilan Sumut mengaudit Laporan Keuangan Pemkab Palas Tahun Anggaran 2019, kata Sekda, hasilnya pemeriksaannya Pemkab Palas mendapat opini WTP.

Untuk itu, Sekda meminta kepada seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Palas agar dapat meningkatkan kinerja khususnya dalam pengelolaan keuangan. Sehingga opini WTP ini bisa terus kita petahankan untuk tahun ke depannya.

Menurut Sekda, predikat ini merupakan sebuah prestasi dan kerja keras dari semua tim dan jajaran Pemkab Palas serta dukungan dari DPRD.

Arpan  berharap dengan hasil yang didapat Pemkab Palas ini untuk terus berupaya mempertahankannya dan meningkatkan kinerja dan transparansi keuangan dalam pelayanan publik dengan melaksanakan APBD sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di masa yang akan datang.

Sekda juga mengingatkan, agar jajaran Pemkab Palas dapat mempertahankannya karena meraih prestasi masih lebih mudah dari mempertahankan prestasi. Untuk itu pinta Arpan, jangan lengah dan terbuai, mari terus bekerja keras untuk pembangunan.

Sehingga Kabupaten Palas dapat mewujudkan Kabupaten Palas yang beriman cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya ). 

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Sumut, Eydu Oktain Panjaitan mengungkapkan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap LKPD Pemkab Palas tahun anggaran 2019 dari hasil pemeriksaan BPK tidak mendapatkan temuan yang mempengaruhi kewajaran laporan keuangan. Atas dasar itulah Pemkab Padang Lawas (Palas) mendapatkan hasil opini WTP.

Meski demikian masih ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan untuk diperbaiki. Eydu mengakui bahwa hasil yang diraih Pemkab Palas atas laporan keuangan tahun 2019 cukup membanggakan dengan meraih predikat WTP.

Ia mengingatkan kalau WTP ini bukan hadiah dari BPK, tetapi merupakan hasil kerja keras jajaran Pemkab Padang Lawas  itu sendiri. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini