-->

Pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit Akan Buka Usaha Pertambangan di Besitang

harian9 author photo
BESITANG| H9
Untuk memenuhi kebutuhan material pembangunan proyek baik di skala Nasional maupun lokal yang terus dibutuhkan seperti material pasir bercampur batu (Sertu), yang selama ini material yang digunakan untuk pembangunan yang berorientase kepada kepentingan masyarakat terpaksa dipasok dari luar daerah.

Sedangkan sejumlah pantai yang ada dibagian hulu Sungai Besitang, jika sertunya dikelola dengan baik untuk memenuhi kebutuhan lokal seperti penimbunan jalan perkebunan ataupun untuk pembangun jalan desa itu sendiri dan tentu hal ini juga dapat menambah hasil di sektor Pajak Asil Daerah(PAD). Disamping itu beberapa warga dapat ikut bekerja di daerah itu. 

SP.Surbakti SH.mewakili Rajiman Silalahi belum lama ini melakukan pertemuan  bersama 11 Kepala Dusun dan sejumlah masyarakat dari Dusun Aras Napa kanan dan Dusun Aras Napal Kiri, pertemuan berlangsung di ruang Kantor Dasa Bukit Mas Kecamatan Besitang Kabupaten langkat.

Tujuan pertemuan tersebut membahas tentang adanya rencana Rajiman Silalahi pengusaha perkebunan kelapa sawit untuk membuka usaha pertambangan atau galian C di pantai yang berada di Dusun Aras Napal kanan Seluas 25 Hektare.

SP.Surbakti SH sebagai mewakili calon pengusah galian C dihadapan warga menjelaskan bahwa pertemuan pada hari ini sebagai pertemuan yang pertama, dimana nantinya beliau sebagai pengusaha dapat berjalan sesuai prosedur.

Maka atas dukungan dari masyarakat ini nantinya akan menjadi acuan dalam proses pengurusan izin galian C yang akan diajukan ketingkat Kecamatan hingga ke Dinas Pertambangan Provinsi Sumut.

"Sertu yang ada di daerah ini merupakan salah satu potensi income Desa dan sekaligus membuka pelung lapangan kerja oleh warga sekitar, dan menjadi sumber pendapatan PAD," katanya. Minggu (21/6/2020).

Dikatakannya karna yang mana selama ini semua perusahaan perkebunan untuk menimbun jalan terpaksa membeli batu dari luar daerah.

Wahid selaku kepala Desa Bukit Mas mengatakan adanya rencana Rajiman Silalahi untuk membuka galian C di Dusun Aras Napal maka sepanjang tidak ada masalah dengan warga dan nantinya dalam kegiatannya dilengkapi izin dari Dinas terkait maka sebagai pemerintah Desa Bukit Mas tidak ada masalah.(WD45)

Komentar Anda

Berita Terkini