-->

PT Dhirga Surya Sumut Gelar Penandatangan Nota KKs dengan Bumdes Dari Tiga Kabupaten

harian9 author photo


Direktur Utama PT. Dhirga Surya Sumut saat memberikan penjelasan tentang Pembelian Gabah Kering Panen di Sumut kepada Bumdes dalam acara  Penandatangan Nota KKs. (Foto: Isa Anshari)
MEDAN| H9 
PT. Dhirga Surya Sumatera Utara (Sumut) menggelar Penandatanganan Nota Kesepakan Kerjasama (KKs) dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dari tiga Kabupaten di Sumut tentang Pembelian Gabah Kering Panen di Sumut. Ke tiga Kabupaten itu yakni Langkat, Deliserdang dan Serdang Bedagai. Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (27/6/2020).

Direktur Utama PT. Dhirga Surya Sumut Isfan F Fachruddin, SE MSP disela acara menyampaikan, kegiatan ini  dimediasi oleh Kepala Dinas PMD Provsu Ir. H. Aspan Sofian, MM. bertujuan untuk Menjaga harga gabah petani (GKP) yang layak Menghasilkan beras berkualitas dengan harga terjangkau dengan klasifikasi beras medium, premium dan beras fortifikasi. 

“Sebab in syaa Allah dalam waktu dekat PT. Dhirga Surya Sumut akan memproduksi beras khusus bervitamin (fortifikasi) dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menekan stunting dan mencetak generasi Eramas,” katanya.

Disebutkannya, dari kerjasama ini Bumdes mendapat keuntungan dari hasil pengolahan gabah menjadi beras dan PT. Dhirga Surya Sumut  mendapat keuntungan dari hasil penjualan beras yang akan memberikan kontribusi terhadap PAD Pemprovsu.  

“Darikerjasama ini akan menjadi sinergi mutualisme Pemprovsu, Pemkab, BUMD, petani dan pengusaha ritel atau stake holder terkait. Kemudian juga  dapat memberdayakan potensi-potensi SDA dan SDM di Sumut untuk kemajuan Petani di  Sumut melalui ketahanan pangan dalam membangun desa menata kota,” ucapnya. 

Dijelaskannya saat ini PT. Dhirga Surya Sumut sedang menyelesaikan pembuatan dua gudang dan kilang padi di Perbaungan kabupaten Serdang Bedagai dan di Sei Bingei Kabupaten Langkat.

Hadir dalam pertemuan itu Kepala Dinas PMD Provsu  Ir. H. Aspan Sofian, MM, Direktur Operasional PT.  Dhirga Surya Sumut Budi Hartoyo, SE, MM, Menejer Keuangan  PT.  Dhirga Surya Nopriansyah Putra, Menener SDM Ganda Maulana. Dari Smansa Medan Muslim Comunity Samir, ketua Dewan Mesjid Indonesia Kota Medan Ir Parlidungan Batubara, MSi. para Camat dan Kepala Desa yang mendampingi seluruh Direktur Bumdes yang menandatangani nota kesepakatan tersebut. Serta beberapa  tokoh masyarakat terkait dengan konsumen beras produksi PT Dhirga Surya Sumut tersebut. 

Adapun Bumdes yang telah menandatangani nota kesepakatan antara lain, Bumdes Karang Rejo, Perkubuan, Melati II, Sidodadi, Berkat Jaya, Pematang Johar dan Beringin. (pu.001)





Komentar Anda

Berita Terkini