Puluhan Ribu Pengusaha Warung & Distributor Aice Edukasi Pencegahan Covid 19

harian9 author photo
JAKARTA| H9
Sebanyak puluhan ribu pengusaha warung serta distributor produk es krim Aice se-Indonesia telah membagikan secara total ribuan paket yang terdiri dari bahan pokok, Alat Perlindungan Diri (APD) seperti masker dan baju hazmat, peralatan cuci tangan, minuman dan makanan ringan ke masyarakat ekonomi lemah yang berada di sekitar wilayah usahanya. Kegiatan ini dijalankan secara kolektif bersama ratusan karyawan Aice Group dan perusahaan distributornya di wilayah Sumatera, Jawa dan Sulawesi sejak akhir April lalu.

Brand Manager Aice Group Sylvana Zhong mengatakan bahwa misi kemanusiaan yang dilakukan oleh jaringan pemasar es krimnya ini adalah lanjutan dari kegiatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang sudah dimulai Aice Group secara nasional sebelumnya. Tercatat, belasan rumah sakit rujukan Covid-19, Pesantren, dan Majelis Taklim telah menjadi target donasi perusahaan bersama karyawannya dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) sejak bulan April lalu.

“Kami lihat kegiatan yang kami dorong dan juga diinisiasi para pengusaha kecil dan warung ini sangat positif sekali. Mereka terinsipirasi oleh gerakan perusahaan dan karyawan kami bersama GP Ansor sebelumnya. Gerakan ini jadi makin masif karena juga didukung oleh para distributor. Aice Group berharap misi sosial ini akan membantu Pemerintah dan masyarakat dalam melawan Pandemi Covid-19 ini,” kata Sylvana dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (23/6) ini.

Produsen es krim nasional ini memang dinilai banyak pihak sangat aktif dalam mendukung upaya Pemerintah melawan virus mematikan ini. Aice Group menjadi salah satu perusahaan pertama yang menerapkan protokol New-Normal dalam proses bisnisnya. Pada pembukaan produksi pertamanya setelah Hari Raya Idul Fitri lalu, Aice bahkan telah mendapatkan prestasi zero-covid-19 di karyawannya. Pabrikan es krim ini memastikan 801 karyawannya terbebas dari virus covid-19 dalam kegiatan Rapid Test yang dijalankan pada Rabu (28/5) dua minggu lalu.

Saat itu, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengapresiasi Aice Group atas upaya pro aktif dan preventif dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang higienis dan melindungi karyawan dari paparan virus berbahaya ini. “Saya mengapresiasi upaya perusahaan dalam menjalankan protokol New Normal menghadapi Pandemi ini. Apa yang dilakukan oleh Aice Group ini harus dicontoh oleh industri lain yang ada di wilayah kami ini.,” jelasnya.



Aktivasi Relawan Lewat Ribuan Warung Aice

Aksi kemanusiaan dari ribuan warung Aice ini merupakan proses berkesinambungan dari aktivitas volunteering selama hampir dua bulan terakhir. Inisiatif Aice Group dalam membagikan APD dan es krim berkandungan Vitamin C tinggi ke belasan titik rumah sakit rujukan covid-19 direspon secara positif oleh para distributor dan reseller-nya.

Bentuk aksi kemanusiaan yang dijalankan oleh jejaring pemasar es krim Aice ini sendiri sangatlah beragam. Puluhan ribu warung es krim Aice yang berada di wilayah Sumatera, Jawa, dan Sulawesi ini menjadi relawan Covid 19 dari Aice dan mengedukasi masyarakat sekitar melalui pembagian masker. 

Salah satu gerakan donasi yang cukup masif diantaranya terjadi di wilayah merah pandemi Jawa Timur. Seluruh distributor di wilayah Surabaya dan sekitarnya secara aktif mendorong lebih dari 800 pemilik warung atau reseller untuk bergabung dalam Tim Relawan Aice Melawan Covid-19. Distributor Aice di berbagai daerah lainnya juga berhasil mendistribusikan ribuan paket berbentuk aneka APD dan bahan pokok kepada masyarakat.

Salah satu distributor di wilayah Parepare, Sulawesi Selatan juga tergerak dalam membagikan APD. Kegiatan yang dilakukan adalah membagikan APD yang berupa kacamata, masker, face shield, baju hazmat dan sarung tangan ke RS Andi Makkasau, Kota Parepare. “Telah terjadi kelangkaan APD di kota kami ini, khususnya di RS Andi Makkasau, maka kami langsung tergerak berinisiatif membagikan APD dalam membantu penanganan pasien Covid 19 disana,” ungkap Irsan Prawiyadi Alfred, Distributor Aice wilayah Parepare.

Kesadaran atas pentingnya kerja bersama dalam melawan covid-19 ini juga disuarakan oleh para distributor es krim Aice. Salah satu distributor penjualan es krim untuk wilayah Lampung, Yudi Basri mengatakan bahwa saat ini masyarakat harus teredukasi akan pentingnya kesadaran mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dimana hal ini yang sebelumnya kurang di perhatikan.

“Kami sedih melihat kondisi Indonesia yang sedang diserang corona saat ini. Kami tidak bisa tinggal diam begitu saja dan cuma mengandalkan bantuan pemerintah saja. Sehingga kami tergerak bekerjasama dengan reseller dan karyawan kami dalam mengedukasi masyarakat dalam penyediaan tempat cuci tangan bagi masyarakat sekitar. Kami berharap upaya ini dapat membantu masyarakat dalam menghindari penularan,” jelas Yudi Basri.

Harapan yang sama juga diutarakan oleh distributor Aice di wilayah Bandung. Distributor wilayah ini membagikan APD lengkap kepada petugas PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan masker kepada pengguna jalan dengan bekerjasama bersama TNI, Polri, PMI, Satpol PP, dan Jasa Marga di wilayahnya. Cynthia Kurniawan, pimpinan Distributor Aice wilayah Bandung mengharapkan upaya ini dapat menginspirasi pihak lain untuk bahu membahu memperkuat warga dalam menghindarkan diri dari penularan virus mematikan ini.

”Menjadi relawan profesional adalah moto kami. Artinya, kami bergerak cepat membantu masyarakat di wilayah Bandung dimana tidak hanya dalam pembagian masker, namun juga paket donasi bahan pokok. Semoga dengan adanya kegiatan kami ini, pandemi corona bisa cepat berakhir,” harap Cynthia.

Dalam kesempatan yang sama, para pengusaha warung penjual es krim Aice mengucapkan terima kasih kepada Aice Group yang telah menyumbangkan banyak bantuan sejak awal pandemi ini. Para pengusaha warung ini berharap agar Aice Group terus secara konsisten memperkuat daya tahan masyarakat lewat produk sehat dan berbagai langkah donasi APD di masa depan. “Terima kasih Aice atas adanya misi kemanusiaan bersama ini. Semoga dengan kegiatan pembagian masker ini dapat membantu masyarakat yang tinggal di sekitar usaha kami tetap sehat,” harap Bapak Santoso pemilik Toko Selbi, yang menjual es krim Aice di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.(PR-01)
Komentar Anda

Berita Terkini