-->

Sebanyak 10 Kabupaten/Kota di Sumut Masuk Zona Merah

harian9 author photo
MEDAN| H9
Angka pasien positif terinfeksi Corona virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Provinsi Sumatera Utara, masih menunjukkan tren peningkatan. Hingga Selasa (16/6) sore, jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 sudah mencapai 957 orang. Sehari sebelumnya yang positif berjumlah 932 orang. 

Sementara pasien dalam pantuan (PDP) 143 orang, kata dia, sedangkan sebelumnya 151 orang. Kemudian yang meninggal 67 orang, sebelumnya 65 orang. Lalu yang sembuh sebanyak 221 orang, sehari sebelumnya 215 orang. Bertambahnya Pasien positif membuat 10 kabupaten/kota di Sumut masuk menjadi zona merah.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah MM melalui telepon selulernya, Selasa (16/6) di Medan.

Terkait bertambahnya pasien Covid-19 di Sumut dan masuknya 10 daerah di Sumut menjadi zona merah penyebaran virus Corona, Gubernur Edy Rahmayadi menekankan Pemprov Sumut akan menggunakan sistem klaster untuk mengatasi penyebaran Covid-19 tersebut.

"Kita ada sistem klaster. Sehingga perlakuan penyekatan baik itu yang terpapar, dia terpapar tapi tanpa gejala, ODP, OTG, semua ini harus dibatasi dan diisolasi pada klaster-klaster penyekatan-penyekatan setempat," kata Edy Rahmayadi, Selasa (16/6) di Medan.

Gubernur mengatakan, sistem ini dilaksanakan di 6 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumut. Daerah itu mulai dari Kota Medan hingga Kabupaten Simalungun. "Itulah daerahnya adalah Medan, Binjai, Deli Serdang, Tanah Karo, Siantar dan Simalungun," jelasnya.

Pemprov Sumut pun membagi wilayah menjadi 3 zona, yakni hijau, kuning dan merah. Ada 10 daerah di Sumut yang saat ini masuk zona merah karena terdapat lebih dari 5 kasus positif Corona, yaitu:
1. Kota Medan
2. Kabupaten Deli Serdang
3. Kota Binjai
4. Kabupaten Langkat
5. Kabupaten Serdang Bedagai
6. Kabupaten Simalungun
7. Kota Pematangsiantar
8. Kabupaten Asahan
9. Kabupaten Karo
10. Kabupaten Tapanuli Utara

Sedangkan Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, meminta Pemprov melakukan pertemuan dengan Bupati dan Wali Kota yang daerahnya masuk zona merah. Pertemuan itu diperlukan untuk menentukan langkah mengatasi penyebaran virus Corona di Sumut.

"Itu diundang dulu Bupati dan Wali Kota-nya. Bagi daerah yang masuk zona merah, ini juga harus di satu meja. Mau bicarakan apa langkah-langkah yang harus dibuat. Contoh Medan, Medan makin lama makin ganas saya lihat ini. Ini kan musti harus ekstra keras, apa langkah-langkah yang harus dibuat," katanya.(WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini