-->

Semarakkan HUT RI, Kuda Lumping Jadi Hiburan Favorit Masyarakat Desa Ujung Batu I Palas

harian9 author photo
PALAS| H9
Kesenian Tradisional menjadi hiburan favorit masyarakat dalam semarak Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 di berbagai penjuru wilayah indonesia tak terkecuali di Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Animo masyarakat yang begitu antusias menyaksikan hiburan rakyat ini membuktikan bahwa kesenian tradisional masih tetap memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat di bumi Padang Lawas, Rabu. (17/06/2020) malam.

Salah satunya adalah Seni Tradisional Kuda Lumping yang dalam beberapa tahun belakangan selalu mengisi kegiatan HUT RI yang digelar oleh masyarakat ataupun pemerintahan Desa maupun pemerintah Kecamatan serta Kabupaten. 

Tidak hanya digandrungi kaum muda, seluruh elemen lapisan masyarakat juga ikut berbaur dan hanyut dalam kemeriahan Seni Kuda Lumping tersebut.

Di Desa Ujung Batu I, panitia desa pengurus Kuda lumping dan HUT RI ke-75 menggelar hiburan kuda lumping yang diadakan di Lapangan Balai Desa. Hampir dari setiap lingkungan RT se-Desa Ujung Batu I hadir untuk menyaksikan kesenian tradisional ini dan terbukti berhasil menarik perhatian masyarakat.

Hal ini terlihat dari gelarannya yang selalu dipadati penonton. Bukan hanya masyarakat sekitar, namun pengunjung juga berasal dari luar wilayah desa bahkan dari kecamatan.

“Kesenian tradisional seperti ini sangat menghibur mas, karena menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Bisa dikatakan inilah yang benar-benar hiburan rakyat,”ungkap Imam (30), saat ikut menyaksikan pertunjukan Seni Kuda Lumping dalam menyambut Peringatan HUT RI tingkat desa Kecamatan Hutaraja Tinggi di lapangan Balai Desa sebelum Pasar Desa. Kamis. (18/06/2020).

Hal senada juga diungkapkan oleh War selaku pengunjung  kegiatan Kesenian Tradisional Kuda Lumping, falam rangka menyambut HUT RI ke 75, yang juga masih Dari kecamatan Hutaraja Tinggi. Menurutnya, memeriahkan HUT RI tidak perlu dengan kegiatan yang mewah dan menghabiskan banyak dana, sebab yang terpenting adalah seluruh masyarakat dapat menikmatinya dengan penuh suka cita.

”Kalau saja mas ikut melihatnya tadi malam, acaranya sederhana tapi masyarakat antusias menyaksikannya. Tidak perlu terlalu mewah, ya seperti ini ? kalau masyarakat tidak bisa menikmatinya. Apalagi, ini sekaligus bisa menjadi salah satu upaya dalam melestarikan seni budaya tradisional asli nusantara,”ulasnya.

Sementara itu ditemui di lokasi acara, kades Ujung Batu I, Hasan Basri dalam sambutannya mengatakan, kesenian yang ada didesa ujung batu khususnya kuda kepang atau kuda lumping termasuk pegon, itulah yang bisa disebutkan diatas.saya mem fullow up, beckup semua kegiatan- kegiatan yang ada didesa ujung batu I kita ini yang bersifat positif, baik kegiatan kesenian, olahraga dan kegiatan keagamaan.

"Disini insyaallah dalam waktu dekat ini, menjelang HUTRI bulan Agustus 2020 yang ke 75, akan kita buat semua kegiatan umum olahraga, yang kita rencanakan ada turnamen bola volly, Bola Kaki, Tennis Meja, dan Bulu Tangkis,  antar ke RT an. Untuk Religinya Keagamaannya MTQ juga antar ke RT an desa kita ini,"ujar Hasan Basri

Dan disampaikan disini, seluruh kesenian tradisional, bernafas religius, contoh Codra, Rebana, Nasyid termasuk kesenian kuda lumping atau Pegon dimalam 1 Agustus sampai malam 15 Agustus dijadwal berlatih atau latihan di balai desa kita, tepatnya dipasar lama. 

"Tujuannya kita latihan itu, mana tau pemdes kita membutuhkan proposal kedinas kesenian dan kebudayaan, walaupun orangnya yang di pegon, kuda lunping, kuda kepang sama itu tidak jadi persoalan atau masalah, untuk mempersiapkan fhoto kopi ktp, pasphoto ukuran 2x3, 3x4, masing-masing sebanyak 2 lembar, nanti akan kita SK kan dari desa resmi secara sah dan legal, bahwa kegiatan kita itu seara adminitrasi lengkap dan buktinya nyata," beber. Hasan Basri.

Pihaknya juga berharap HUT RI ini dapat menjadi momentum dalam meningkatkan kebersamaan dan kekompakan, ditengah-tengah masyarakat.(WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini