Tidak Terbukti yang Didakwakan, 2 Warga Palas Dinyatakan Lepas dari Rutan Sibuhuan

harian9 author photo
PALAS| H9
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Kantor Wilayah Sumatera Utara Rumah Tahanan Negara Kelas II B Sibuhuan, yang beralamat di Jalan Hadanuddin nomor 15, Kamis (11/06/2020) yang lalu  Dua (2) warga Padang Lawas keluar dari Rumah Tahanan Kelas II B Sibuhuan.

Hal ini diungkapkan Hamzah Hasibuan didampingi Dorlansyah Hasibuan,"Kami bebas setelah dakwaan yang dituduhkan tidak terbukti dan masa tahanan telah habis,  seperti isi dalam surat berita acara pengeluaran bebas dari dakwaan yang saya terima dan untuk pegangan, dengan Nomor: W2.E32.PK.01.01.02-57.

Kepala Rutan Kelas II B Sibuhuan Eben Haezer Depari, AMd.IP, SH. MH. Memutuskan saya sendiri (Hamzah Hasibuan (42) warga lingkungan II Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Palas). Tanggal habis masa tahanan 21 Juni 2020, dari Rutan Kelas II B Sibuhuan mengingat tidak ada lagi alasan/dasar hukum untuk melindungi penahanannya lebih lanjut.

Dan Dame Rona Sahmadi Hasibuan (31) warga desa siborna bunut, Kecamatan Sosa, Palas. Tanggal habis masa tahanan 11 Juni 2020, karena tindak pidana pencurian/ pasal 363 ayat 1 ke 4 KHUP dibebaskan dan dikeluarkan demi hukum. Dengan mengantongi Surat Lepas, bernomor : Reg. AIII. No.46/2020 dan nomor surat lepas: W2.E32.PK.01.01.02-58. Dibebaskan dan dikeluarkan demi hukum.

Keduanya dilepas dari jeruji besi Rutan Kelas II B Sibuhuan oleh petugas yang berwenang dalam hal pembebasan kami tersebut.

Surat bekal pembebasan ini ada teraan tiga jari dari saya dan teman satu lagi yang lagi keluar itu. Serta ditandatangi oleh kalapas. Ucap, Hamzah Hasibuan sembari mengucap syukur.

"Dalam Putusan Surat Berita Acara Pengeluaran Bebas Dari Dakwaan, telah dinyatakan bahwa saya tidak bersalah. Suratnya seperti ini yang saya tunjukkan," Pungkas Hamzah, dengan nada penuh gembira setelah bebas dan lepas dari Rutan tersebut.

Terlihat setelah Hamzah keluar dari sel, mereka langsung disambut hangat oleh keluarga dan kerabat mereka.

Hamzah langsung memeluk dan merangkul hangat istrinya. Wajah gembira dan haru terlihat di wajah Hamzah dan istrinya sampai mereka masuk ke kerumahnya setelah meninggalkan Rutan Rutan Kelas II B Sibuhuan. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini