-->

Truk Bermuatan Material Bangunan Terjun Ke Sungai di Tapsel

harian9 author photo
TAPSEL|H9
Truk jenis Mitsubishi dumtruck Nomor Polisi : BB 9453 FP mengangkut bahan material bangunan terjun ke sungai, setelah jembatan Aek Sangkunur di Desa Batu Godang Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang dilintasi truk ambruk karena tidak mampu menahan beban truk, Minggu (7/06/2020), sekira pukul 12.30 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian mencapai Rp.30 juta. Sementara isi muatan truk yang beratnya mencapai 6 ton berupa semen sebanyak 80 sak dan besi ukuran 10 inci sebanyak 700 batang jatuh dan berserak ke dalam sungai.

Informasi yang dihimpun, peristiwa terjadinya kecelakaan tunggal tersebut berawal saat truk jenis Mitsubishi dumtruck dengan Nomor Polisi : BB 9453 FP milik Suryadi (48) warga Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel, yang dikemudikan Suarsim (49), warga Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel datang dari arah Batangtoru menuju Angkola Sangkunur dengan membawa muatan material bangunan.

Saat truk melewati jembatan Aek Sangkunur di Desa Batu Godang Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapsel, tiba-tiba jembatan yang diperkirakan sudah berumur 20 tahun goyang diduga tidak sanggup menahan beban truk yang melintas dan mengakibatkan jembatan tersebut melengkung dan rubuh sehingga mobil dumtruck yang sedang melintas di atas jembatan terguling dan terjun ke sungai. Sementara seluruh muatan mobil tumpah ke dalam sungai.

Warga masyarakat yang mengetahui kejadian terebut langsung membantu mengevakuasi barang barang yang jatuh kedalam sungai kemudian pemilik mobil dumptruk membawa satu unit excavator guna untuk mengevakuasi mobil dumptruk serta menghubungi Polsek Batangtoru guna dilakukan penyelidikan terkait kecelakaan tersebut. 

Satu jam kemudian, sekira pukul 21.30 Wib mobil naas tersebut berhasil dievakuasi dari dasar sungai. Demikin juga dengan seluruh isi muatan truk berhasil diangkat dari sungai, namun seluruh material semen  sempat terendam air sungai, yang selanjutnya masyarakat bergotong royong, dibantu alat berat excavator untuk membuat jembatan sederhana / darurat agar trasportasi bisa pulih kembali.

Kapolres Tapsel AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH yang dikonfirmasi melalui Kapolsek Batangtoru AKP. H. Abdi Abdullah, SH membenarkan kejadian kecelakaan tunggal yang menimpa truk bermuatan material bangunan akibat jembatan rubuh saat dilintasi truk.

Disebutkannya, dalam peristiwa tersebut, pihaknya telah memeriksa dua oeang saksi yakni kernet truk Jali (30) warga Desa Batu Hula Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel dan warga masyarakat yang mengetahui kejadian Muhammad Rifai (51) warga Desa Batu Godang Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapsel.

" Dari hasil penyelidikan dan olah Kejadian Tempat Perkara (TKP), truk naas tersebut terjun dan terguling ke dalam sungai alibat jembatan yang di lewati truk sudah tua sehingga tidak kuat menahan beban yang di bawa oleh truk, sehingga jembatan rubuh dan truk bersama isinya terjun ke sungai, " ujar Kadat. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini