Uji Kendaraan Bermotor, DISPERKIMHUB Palas Koordinasi dengan Dishub Pemkab Tapsel

harian9 author photo
PALAS| H9
Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Padang Lawas berkoordinasi ke Dinas Perhubungan Daerah Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara.

Koordinasi yang dilaksanakan adalah menjalin kerjasama dalam hal Pengujian Kendaraan Bermotor. Koordinasi yang dilaksanakan hari selasa tanggal 16/06/2020 ini dimulai dari Rumah Uji Kendaraan Bermotor (UP. PKB) Dishub Kabupaten Tapanuli Selatan dan disambut Baik oleh Kasi PKB Yoppi Afandi dan Kasi Angkutan PH. Hasibuan berserta jajarannya.

Sebelumnya, Koordinasi yang dilaksanakan adalah menjalin kerjasama dalam hal Pengujian Kendaraan Bermotor, yang dimulai hari selasa (16/06/2020) dari Rumah Uji Kendaraan Bermotor (UP. PKB) Dishub Kabupaten Tapanuli Selatan dan disambut Baik oleh Kasi PKB Yoppi Afandi dan Kasi Angkutan PH. Hasibuan berserta jajarannya.

Koordinasi yang dilaksanakan langsung oleh Kepala Dinas Perkimhub Ir. Abdullah yang didampingi Kasi Sarana Prasarana Supriyo. SST, Kasi Angkutan dan Terminal M. Irfan Taguh, A. Pi, JFU Penguji Pemula Fadli Ilhami, A. Ma.

Setelah koordinasi selesai di UP. PKB Pargarutan, Tim Disperkimhub Kabupaten Padang Lawas melanjutkan kembali Koordinasi ke Dinas Perhubungan Daerah  Kabupaten Tapanuli Selatan.

Begitu sampai langsung disambut baik oleh Kadishub kab Tapsel Drs. Aji Hatorangan Harahap bersama sekretarisnya Akbar Tanjung diruang kerjanya.

"Koordinasi ini membahas kerjasama (MOU) antar dinas tentang "B. L. U. E " Kata Kepala Dinas Perkimhub Kab. Palas Ir. Abdullah.

Supriyo, S. ST Kasi Sarpras menambahkan "Masih ada Proses yang harus dijalankan dalam memenuhi kerjasama ini termasuk regulasi hukum yang harus disiapkan termasuk Perda atau Perbub terkait." Tutur Supriyo.

Ketika awak media ini juga tanyakan tentang prihal apa itu "B. L. U. E" dan apa saja yang dibahas Kasi Angkutan dan Terminal M. Irfan, A. Pi bersama Fadli Ilhami JFU. Menjelakan, Penguji "B. L. U. E, itu singkatan dari bukti Lulus Uji Elektronik, yang selama ini kita kenal dengan nama Buku Uji Kendaraan atau KIUR.

Mengingat di Kabupaten Padang Lawas Belum ada Rumah Uji maka di jalin kerjasama untuk Uji kenderaan. Jadi semua Angkutan Bermotor di Kabupaten Padang Lawas nantinya bisa untuk uji secara resmi dan syah. Jelas Irfan.

Di tempat terpisah, Kabid LLAJ Disperkimhub Kabupaten Palas Sarmadan Siregar ketika di hubungi awak media ini. Kamis. (18/06/2020) lewat seluler terkait koordinasi tersebut mengatakan,"Untuk tahun ini Buku Uji tidak ada lagi dan digantikan oleh Kartu elektronik secara online.

Dasarnya jelas tertuang di Permenhub No. 133 tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor dan Surat Direktur Jendral Perhubungan Darat No. AJ 502/10/6DJPD/2019 Perihal Penerapan Percepatan Bukti Lulus Uji Kendaraan berbasis Elektronik." Kata Kabid LLAJ Kabupaten Palas, yang pernah bertugas di pengujian kendaraan bermotor  diwilayah kota medan.(WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini