Upayakan Listrik Handal di Paluta, PT Raihan Bersihkan Jaringan Listrik Dari Gangguan Pohon

harian9 author photo
PALUTA| H9
Sebagai pihak yang dipercayakan untuk pelayanan tekhnik di PLN cabang Gunungtua gencar melakukan pembersihan jaringan listrik dari gangguan pohon di 12 Kecamatan di wilayah Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta).

“Salah satu penyebab seringnya aliran listrik padam di wilayah Paluta yang paling dominan adalah karena gangguan pohon," demikian disampaikan Manager PLN ULP Gunungtua, Ahmad Dayrobi melalui Direktur PT Raihan H Parada Siregar, Jumat (5/6).

Kata Parada, gangguan listrik karena ranting atau batang pohon yang menyentuh jaringan sering kali terjadi di wilayah ULP PLN Gunungtua. 

"Untuk memastikan agar listrik di Paluta handal, maka kita gencar melakukan pembersihan jaringan dari gangguan pohon,” tambahnya.

Dijelaskannya, dalam pembersihan jaringan ini PT Raihan menerjunkan 67 orang personil tehknik ke lapangan untuk membersihkan jaringan yang terganggu pohon. 

“Kita melakukan pemangkasan pohon yang berada di dekat jaringan listrik milik PLN. Tujuan dari pemangkasan pohon tidak hanya untuk menjaga keamanan pasokan listrik, namun juga menjaga keselamatan masyarakat dan lingkungan disekitar jaringan listrik," ungkapnya. 

Tambahnya, posisi aman jarak Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih 3 meter.

“Padamnya istrik di Paluta 80 persen diakibatkan pohon yang mengganggu jaringan, dan 20 persen lagi diakibatkan gangguan hewan liar," jelas Parada Siregar.

Pada kesempatan ini, Ia juga menghimbau kepada masyarakat supaya mendukung pembersihan jaringan listrik dari gangguan pohon, terutama masyarakat yang memiliki lahan dibawah jaringan agar memperbolehkan tanamannya di tebang dan dibersihkan. 

Pangihutan Hasibuan, masyarakat Kecamatan Ujung Batu mendukung pembersihan jaringan dari gangguan pohon. Dan meminta kepada masyarakat lainnya supaya mendukung pembersihan jaringan ini agar lampu tidak padam akibat gangguan pohon. 

“Kita yang berdomisili disekitaran perkebunan ini khususnya Kecamatan Ujung batu harus ikut berperan membantu pihak PLN dalam pembersihan ini agar jaringan listrik di wilayah kita tetap aman," tukasnya.(WD-008)
Komentar Anda

Berita Terkini