-->

170 Petani Medan Berjalan ke Istana Presiden Lewati Rantauprapat

harian9 author photo
LABUHANBATU | H9
Petani asal Medan Sumatera Utara yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu ( SPSB) dan Serikat Tani Mencirim Bersatu ( STMB) yang berjumlah 170 orang melaksanakan aksi jalan kaki dengan tujuan ke Istana Negara  mencari keadilan, dimana lahan mereka sejak Tahun 1951 di gusur paksa oleh PTP.NUSANTARA II.


Koordinator dari petani ini yaitu Aris Wiyuno yang ditemui saat beristirahat di Gedung Olah Raga (GOR) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (04/7/2020) sore mengatakan, bahwa mereka berjalan kaki untuk menemui Istana Presiden Jokowi untuk menyampaikan aspirasi terkait penyelesaian sangketa agraria.

Kata Aris Wiyuno, Sejak hari Kamis ( 25/6/2020) sekira pukul 14.50 wib. Start dari jalan Jamin Ginting Medan dan kami sudah melewati 7 Kabupaten atau sekitar lebih kurang 300 KM, Alhamdulillah hingga saat ini seluruh rekan-rekan masih dalam keadaan sehat walafiat dan perjalanan dari Rantauprapat ini kami lanjutkan hari Senin (06/7/2020)

Selanjutnya Aris Wiyuno mengatakan, Peserta jalan kaki ini terdiri dari Pria dan Wanita dan berusia dari 21 tahun sampai 70 tahun dan kami perkirakan kami sampai di Istana Presiden di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 2020 dan akan menemui Presiden untuk memohon agar tanah yang mereka miliki dapat diberikan legilitas karena kami yang memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) pada Maret 2020 ikut tergusur.

Sebelumnya petani ini sampai di Rantauprapat Jumat (03/7/2020) mereka disambut Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu, Kepolisian dan Tenaga Medis dari Puskesmas Janji Kecamatan Bilah Barat untuk dilakukan Rapid Test kemungkinan penyebaran Covid 19, setelah semua dinyatakan positif mereka diberikan istirahat di Gedung Olah Raga itu.

Sementara Perwakilan dari LBH Agraria Labuhanbatu Yanto Ziliwu memberikan makanan kepada petani aksi jalan kaki ini, kita harus dukung mereka untuk memperjuangkan Hak mereka sedangkan Hendra Kobain Harahap memberikan 180 kaleng susu beruang. (WD.016)
Komentar Anda

Berita Terkini