-->

825KPM Barumun Baru BST Kemensos Tahap III, Disalurkan PT. Pos Cabang Sibuhuan

harian9 author photo
PALAS| H9
Masyarakat kurang mampu di Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang terkena dampak Corona Virus Disiase (Covid-19) kembali bernapas lega. Dihari ketiga ini Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kementerian Sosial (Kemensos) sudah  tersalurkan. Kamis, (09/07/2020) daerah yang dipimpin Bapak H. Ali Sutan Harahap itu menyalurkan Bantuan Sosial Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pada tahap III Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial RI yang disalurkan untuk Kecamayan Barumun Baru Kabupaten Palas dikelurahan Pasar Sibuhuan di Palas dihari ketiga ini sebanyak 825 KPM.

Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI penerima dengan nominal Rp 600.000/kpm/bulan sudah terlebih dahulu disalurkan mulai dua hari kemarin juga melalui PT POS Indonesia, Cabang Sibuhuan.

Penyaluran Bansos itu salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi global Covid-19. Pemberian bantuan sosial dalam berbagai bentuk secara langsung kepada penerima dari Pusat, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan BLT Dana Desa.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola Kementerian Sosial R.I merupakan basis data  yang selama ini digunakan untuk pemberian bantuan sosial merupakan basis nasional.

Sesuai surat direktur penanganan fakir miskin kewilayahan Kementerian Sosial R.I. dimana Direktorat Penanganan Fakir Miskin kewilayahan telah mengeluarkan Surat Intruksi Panyaluran Bantuan Sosial tunai ke Kantor Pos Indonesia untuk periode bulan Mei 2020 Tahap III. Di bulan Juli ini.

Salah satu Staf Kantor Pos, Gunawan memaparkan, pihaknya juga telah menyebarkan undangan ke kepala desa untuk diteruskan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumuman warga dimasa pandemi covid-19.

“Untuk penyaluran BST tahap III ini berbeda dengan penyaluran tahap tahap yang lalu. Ditahap ke III ini ada perubahan yang mencairkan BST, seperti penerima BST yang sudah meninggal,” ungkap Gunawan.

BST tahap III ini sudah berjalan tiga hari. Di hari pertama disalurkan untuk masyarakat di Lingkungan I dan VII, hari kedua masyarakat Kecamatan Barumun.

“Dihari ketiga ini masyarakat Kecamatan Barumun Baru yang kita salurkan,” paparnya.

Selain itu, Terkait mekanisme pengambilan, berdasarkan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), yang sudah tercantum di dalam daftar penerima bantuan.

Kita juga menetapkan anjuran Protokol Kesehatan,seperti memakai masker, jaga jarak aman dan mencuci tangan,” pungkasnya.

Sementara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) sudah memastikan bahwa proses penyaluran BST ini harus tepat sasaran, karena proses penyalurannya mengacu kepada Nomor Induk Keluarga (NIK).

Pemkab Palas juga meminta kepada para Kepala Desa se-Kabupaten Padang lawas agar teliti dan akurat untuk mendata warga yang betul betul berhak mendapat bantuan tersebut.

Ditenpat yang sama, Nenek Hasibuan penerima bantuan tersebut, ketika ditanya wartawan mengatakan. Alhamdulillah, yang saya terima ini untuk keperluan dapur dirumah, dan terimakasih kepada seluruh pemerintah terkait yang telah menyalurkan bantuan ini. Kata Nenek Hasibuan dengan wajah tersenyum sambil pamit mau belanja dapur kepasar Sibuhuan. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini