-->

Ada KB Kesehatan Dalam TMMD Reguler 108 Aceh Tamiang

harian9 author photo
ACEH TAMIANG|H9
Pengabdian untuk Negeri merupakan tema yang diusung dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler Ke- 108 tahun 2020 di wilayah Kodim 0117/Aceh Tamiang. Salah satu program yang dilaksanakan adalah penyuluhan kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) kesehatan, kegiatan tersebut dipusatkan  di Posko rest area Dusun Sejahtera Kampung Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang pada Sabtu (04/07/2020).

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) yang juga merupakan Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S. Sos. M.I. Pol melalui Pasiter Lettu Inf. Faisal Hadi mengatakan, penyuluhan kesehatan dan penyuluhan KB ini merupakan kegiatan non fisik saat pelaksanaan TMMD 108 tahun ini.

"Sebuah harapan digantungkan pada setiap warga agar bisa hidup sehat dalam menghadapi pandemi Covid 19 dan semoga semua pekerjakan yang dilakukan oleh Satgas TMMD Kodim 0117/Aceh Tamiang dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala dilapangan, serta selesai tepat waktu, juga bisa langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Kampung Seumadam maupun Rimba Sawang,"ungkapnya.

Sementara itu Sri Wahyuni, Am.K dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kejuruan Muda yang tampil sebagai narasumber memaparkan, salah satu prilaku hidup sehat yang harus dilakukan oleh setiap warga, yaitu setelah selesai melaksanakan aktifitas sehari-hari, agar selalu mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir.

"Sebagai salah satu program dari Pemerintah, yaitu tentang Keluarga Berencana (KB) diantaranya melalui penggunaan alat kontrasepsi yang sudah dipersiapkan seperti suntik,  kondom, pil dan lainnya,"ujarnya.

Disela-sela penjelasan tentang KB, Sri menyampaikan tentang protokol kesehatan Covid-19, diantaranya yang harus ditaati masyarakat selalu menjaga kebersihan tangan, jangan menyentuh wajah, terapkan etika batuk dan bersin, selalu pakai masker, jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Lakukan isolasi mandiri bagi yang merasa tidak sehat, seperti mengalami demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak napas, serta selalu jaga kesehatan selama berada di dalam rumah atau berkegiatan diluar rumah. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah melaksanakan pola makan bergizi serta seimbang dan melakukan olahraga ringan secara teratur.

Selain peserta dari Kampung Seumadam dan Rimba Sawang, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapten Inf. P.Harahap, Perwira Pengawas TMMD, Kapten Inf. Rizal Danramil 07/KJM, Arifin.SE Sekretaris Desa Seumadam, serta staf medis dari Puskesmas Kejuruan Muda. (WD-013).


Komentar Anda

Berita Terkini