-->

Bahas Masalah Perusahaan, Komisi D DPRD Sumut Kunker Ke Palas

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan Kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Padang Lawas (Palas), Kamis (23/07/2020).

Dalam rombongan Kunker anggota DPRD Sumut ini turut dihadiri dan didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Bina Marga Konstruksi, Dinas SDA Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumut.

Rombongan Kunker DPRD Komisi D Sumut ini diterima Wakil Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM, MSi di aula komplek perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala, Kecamatan Barumum beserta sejumlah anggota DPRD Kabupaten Palas.

Komisi D bersama tiga (3) dinas Pemprovsu ini dengan Agenda membahas perusahaan yang berada di Kabupaten Palas. Pembahasannya yang dimulai terkait soal limbah perusahaan, regulasi sistem pengolahan limbah, sinergitas dengan pemprovsu hingga kebijakan pemerintah terhadap perusahaan yang tidak sesuai perundang undangan.

Dalam pembahasan ini melibatkan Pemkab Palas dan perusahaan-perusahaan perkebunan di Kabupaten Palas. Selain itu, kunjungan ini juga membahas jalan dan jembatan di Palas. Yang tentunya memfokuskan program peningkatan infrastruktur jalan di Kabupaten Palas sekaligus membahas cipta karya dan tata ruang.

”Yang perlu kita bahas menurut saya, kejelasan HGU yang tak pernah melibatkan masyarakat, lalu masalah izin perusahaan yang diduga banyak tak berizin , kemudian penyaluran CSR yang tak pernah diketahui kemana, dan masalah limbah,” beber anggota DPRD Palas, M Ike Taken Hasibuan.

Untuk mendorong lanjutan program itu semua perlu keterlibatan DPRD Sumut dalam hal ini. Kami siap beradu data terkait itu semua yang mana ini, masih jadi persoalan. Padahal Palas termasuk memiliki SDA yang kaya, ”sambungnya.

Selain itu, Ike Taken juga mengeluhkan kondisi jalan yang sangat kecil di Kabupaten Palas. Tidak sebanding dengan kekayaan kabupaten yang telah berumur 13 tahun ini. ”Padahal jika dibandingkan dengan SDA, Palas dinilai kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Kemudian pengawasan terhadap kualitas jalan, termasuk jembatan yang baru dibangun, tak bisa difungsikan. Jadi mohon perhatian dari DPRD Sumut dan juga dinas-dinas terkait di lrovinsi, ”ungkapnya Politis PAN anggota DPRD Palas ini.

Sesuai jadwal lanjut dia, Komisi D DPRD Sumut bersama rombongan berada di Palas hingga, Sabtu (25/07/2020). Komisi D DPRD Sumut yang hadir yakni Ketua, H Anwar Sani Tarigan, Wakil Ketua, Edi Susanto Ritonga dan anggota, masing-masing Mangapul Purba, Drs H Syahrul Efendi Siregar, Ari Wibowo, H Azmi Yuli, M Aulia Rizki Agsa, Wagirin Arman, Jubel Tambunan, Rony Reynaldo Situmorang, H Jumadi, Dedi Iskandar, Tangkas Manimpan, Yahdi Khoir Harahap dan Darwin SAg.

Pantauan Harian9.com, Terlihat juga hadir dalam rombongan itu, Kadis Bina Marga Pemprovsu, Arman Efendi Pohan yang pernah menjabat Pj Bupati Palas, Kadis SDA Cipta Karya dan Tata Ruang Pemprovsu, Alfi Syahriza serta lainnya yang terkait dibidangnya. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini