-->

Camat Sihapas Barumun Palas Bahu Membahu Perbaiki Jalan Bersama Warga

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Banyaknya titik-titik jalan yang rusak atau berlubang di sepanjang Jalan poros Utama Desa Silenjeng menuju Desa Aek Goti dan Desa Gulangan Kecamatan Sihapas Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membuat para pengendara harus lebih berhati-hati. Khususnya warga dari 13 desa yang mengangkut hasil bumi, seperti karet, sawit, padi serta tanaman muda lainnya, Seperti yang terpantau ada sekitar 10 titik yang sangat parah badan jalan yang berlubang yang bisa membahayakan terutama bagi pengendara kendaraan roda dua.

Titik-titik kerusakan jalan ini adalah pada sepanjang Desa tersebut yang merupakan jalan lintas poros diwilayah kecamatan Sihapas Barumun. Kerusakan jalan ini adalah akibat musim penghujan yang selama ini, dan kondisi jalan tersebut sudah lama rusak dan belum ada perbaikan, badan jalan di kedua sisi maupun tengah jalan bahkan ada yang lebih dari 10 hingga 15 cm. Tentunya hal ini berbahaya bagi pengendara kendaraan terutama dimalam hari.

Melihat hal ini, langkah yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan yakni dengan inisiasi Ibu Camat Sihapas Barumun Lelliana Harahap, SE dan seluruh masyarakat Desa yang tersebar di 13 desa adalah dengan menggandeng PT. TAS (Tirta Alam Segar) yang berada diwilayah kecamatan ini untuk menurunkan alat beratnya, bahu membahu dalam melaksanakan perbaikan atau pemeliharaan, jalan poros lintas desa, kata Camat Sihapas Barumun Lelliana Harahap, SE kepada Harian9.com. Senin. (20/07/2020)

Selain itu, pihak Kecamatan bersama Aparat Desa dan masyarakat dalam melakukan perbaikan secara swadaya dan gotong royong. Seperti yang dilaksanakan pada hari ini bahu membahu memperbaiki jalan poros lintas desa baik yang berlubang di sepanjang jalan Desa, bahkan  menuju ke arah Kantor Kecamatan. Katanya.

Lelliana menanbahkan, dalam pelaksanaan perbaikan jalan lintas desa ini Secara beramai-ramai warga mengangkut lumpur yang sudah diratakan oleh super eksavator dan mengumpul material berupa batu alam, pasir, dan air yang gunanya untuk menutup jalan yang berlubang secara bertahap. Ujar Camat.

Kita bekerja secara swadaya ini, juga dengan waktu waktu tertentu dari masyakat desa sesuai jadwal dan kesepakatan masing masing warga. Imbuhnya.

Sebelumnya, lanjut dia, perbaikan jalan poros lintas desa ini, telah kita laksanakan mulai hari Kamis (16/07/2020) yang lalu, namun setahun belakangan ini mengalami kerusakan. Karena kondisi cuaca dan musim penghujan yang membuat kondisi jalan semakin parah, sehingga mempercepat kerusakan.

“Nah, untuk itu kepedulian terhadap keselamatan warga, kita gotong-royong ramai-ramai dalam rangka mengantisipasi untuk memperlancar akses keluar masuknya kenderaan warga yang mengangkut hasil bumi, seperti karet, sawit dan tanaman muda lainnya, kita tahu wilayah kecamatan ini kehidupan masyarakatnya dari sektor pertanian, perkebunan,” ungkapnya.

“Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini, dapat memberikan kenyamanan bagi warga dan bermanfaat bagi semuanya. Semoga niat dan pekerjaan yang kita lakukan senantiasa menjadi ladang amal yang baik bagi kita semua”, Pungkas Camat Sihapas Barumun kepada warga.

Sementara salah satu warga K. Siregar yanf ikut dalam gotong royong tersebut mengatakan, Walaupun Camat kami seorang Perempuan. Dengan penuh semangat dan seperti tak kenal lelah, Camat Sihapas Barumun, Lelliana Harahap, SE. mengayunkan langkah untuk bersama-sama warga gotong royong dalam perbaikan jalan lintas desa tersebut, seperti terlihat dalam fhoto. dituturkan K. Siregar.

Disisi lain, Ia menyebutkan, Wargapun tampak antusias bergotong royong, karena tanpa jarak bersatu padu bahu membahu bersama Camat ditengah hangatnya semburan matahari pagi. Sekitar 5 titik jalan yang selesai di perbaiki secara bertahap pada hari ini karena masing-masing harus kembali untuk selanjutnya persiapan menunaikan kewajiban melaksanakan Sholat Juhur bagi yang menjalankan. Sebut K. Siregar saat sedang istirahat siang.(WD41).
Komentar Anda

Berita Terkini