-->

Dandim 0212/TS Ajak Unsur Pemerintah Selaraskan Program

harian9 author photo

TAPSEL| H9
Komandan Distrik Militer (Dandim) 0212/Tapsel Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, S.I.P jajaran pemerintah daerah di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang merupakan wilayah Teritorial Kodim 0212/ Tapsel untuk selaraskan program pembangunan di masing-masing daerah.

" Saya menyampaikan beberapa keinginan atau harapan-harapan kita, untuk bersama-sama unsur pemerintah dsoat bekerja dengan selaras sehingga hasilnya maksimal, " ujar Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, S.I.P saat memberi sambutan pada acara Komunikasi Sosial (Komsos) dengan unsur pemerintah daerah institusi lainnya, di Aula Daulay-Simorangkir, Markas Kodim 0212/Tapsel, Kota Padangsidimpuan, kemarin.

Di pertemuan yang juga dihadiri perwakilan dari Pemko Padangsidimpuan, Pemkab Tapanuli Selatan, perwakilan dari Polres Kota Padangsidimpuan dan Tapsel, Kejari Padangsidimpuan serta sejumlah perwakilan Camat dan Kepala Desa dari wilayah Tabagsel.

Sebelum membuka acara Komsosbbersama unsur pemerintah ini, Dandim meminta semua aparat pemerintah selalu sedia memberikan jawaban yang baik dan tepat terkait pertanyaan masyarakat seputar persoalan Covid-19 dan semua program pemerintah berkaitan dengan itu dan ia meminta agar jangan terlalu takut perihal virus bernama Covid-19

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, pertemuan bertajuk,' Sinergitas Membangun Bangsa', ini, membahas sinergitas dan efektivitas berbagai program di masing-masing institusi namun sejenis, tetapi dalam pelaksanaanya kerap bersinggungan, bertabrakan dan tidak efisien. 

" Sangat ironis apabila TNI punya program sendiri, aparat pemerintah punya program sendiri dan Polri punya program sendiri. Tetapi dalam pelaksanaanya tidak selaras, padahal tujuannya sama, " ucap Dandim. 

Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, S.I.P. menjelaskan, bahwa Kodim punya tanggungjawab untuk melaksanakan komunikasi dengan unsur pemerintah dan juga kepada masyarakat dan Keluarga TNI yang ada di wilayah Teritorialnya. 

" Saya kira akan memperlambat apabila tidak selaras, terlebih dengan percepatan penanganan dan penanggulangan Covid-19 ini, kita semua menghadapi pandemi global dan punya program sendiri-sendiri, " ungkap Letkol Inf Akbar.

Dari kegiatan ini, kata Letkol Akbar, keinginan TNI semua institusi bisa menyelaraskan program yang sama, tak hanya di isu Covid-19, tetapi juga dengan isu-isu lain seperti Narkoba, ketertiban masyarakat, terorisme, serta Teritorial. Karena katanya, TNI punya keinginan mewujudkan masyarakat yang kuat, sehat sehingga bisa melaksanakan pilar negara.

 " Apabila ini terlaksana, saya kira negara aman dan negara ini berdaulat. TNI tidak bisa berjalan sendiri, kita membutuhkan sinergi dari semua. Dari Pemerintahan, Polri, Kejaksaan. Kolaborasikan dengan satu pemikiran yang selaras dan sinergi. Kalau sama sama tujuannya percepatan, penanganan virus Corona  harusnya langkahnya sama. Mungkin programnya tidak sama secara spesifik, tapi ini bisa kita selaraskan agar tidak memakan waktu yang lama dan anggaran yang banyak, " pungkasnya.

Usai memberikan sambiran, acara diisi dengan diskusi, materi yang berkaitan dengan sinergitas antar institusi, baik TNI, Polri, Kejaksaan, serta unsur pemerintahan dan instansi yang ada di bawahnya.

Beberapa materi yang disampaikan diantaranya Peran Pemerintah dalam Mitigasi Bencana Alam yang disampaikan Kalaksa BPBD Tapsel Ilham Suhardi, SH, MH dan materi tentang Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV) oleh Kepala RS TNI AD Padangsidimpuan Mayor Ckm dr. Ucok Harianto GU, S.Rad serta materi Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila oleh Pabung Kabupaten Paluta Kodim 0212/TS Mayor Arm Hasran Harahap, S.HI. (WD.014)

x

Komentar Anda

Berita Terkini