-->

Direksi PT DSSU Dampingi Bapemperda DPRDSU Tinjau Resi Gudang

harian9 author photo

MEDAN| H9
Komisaris dan Direksi PT Dhirga Surya Sumatera Utara (DSSU) mendampingi Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) yang melakukan peninjauan Resi Gudang, Kilang Padi dan Lahan Pertanian di Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat dan di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang, Senin (29/6/2020)

Ketua Bapemperda DPRDSU H. Muhammad Subandi, ST mengatakan, Pada masa dan pasca covid 19 ini sudah seharusnya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyiapkan kesediaan bahan pangan diantaranya beras dan sayuran. Jadi untuk produksi bahan pangan ini dipercayakan kepada PT DSSU. 

“Pada masa dan pasca covid 19 ini sudah seharusnya kita menyiapkan kesediaan bahan pangan diantaranya beras dan sayuran. Jadi untuk produksi bahan pangan ini kita percayakan kepada PT Dhirga Surya Sumatera Utara. Karena PT Dhirga Surya terlihat lebih siap dalam rangka mempersiapkan ketahanan pangan kita ini,” katanya di Lokasi Resi Gudang dan Kilang Padi di Dusun 8 Bandar Meriah Desa Namu Ukur Kecamatan Sei Besitang Kabupaten Langkat.

Disebutkannya, ini salah satu gudang yang ditinjau dan merupakan aset Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang sudah dibangun tapi saat ini tidak diberdayakan, maka ini akan diberdayakan oleh PT DSSU. Jadi Resigudang ini akan menampung padi dan produksi pangan. 

“Resi Gudang, kilang padi dan lahan pertanian seperti ini juga ada di kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang dan beberapa Kabupaten lainnya di Sumatera Utara yang akan diberdayakan oleh PT. DSSU, ” ucapnya.

Menurutnya, PT. DSSU akan menampung atau membeli langsung gabah dari masyarakat. Karena selama ini pada saat musim panen raya harga gabah jatuh, makadisinilah perlu tampil BUMD Sumut membantu masyarakat membelinya. 

“Nanti ketika paceklik ini stok gabahnya bisa digiling, sehingga stock beras kita serta bahan pokok lainnya bisa tetap terjaga,” ujarnya.

Disebutkan, dari segi core bisnis (bisnis inti) PT DSSU ini tetap menangani perhotelan, namun dalam peraturan daerah (perda) yang baru nati akan dikembangkan menambah corbisnisnya dibidang pangan. Sebagaimana berkordinasi dengan Biro Hukum dan Biro Ekonomi Pemerintah Provinsi Sumut bahwa PT. DSSU diarahakan untuk menangani pangan.

“Ranperda nya saat ini sedang dibahas dan mereka menyiapkan naskah akademik, in syaa Allah dalam waktu dekat akan dilakukan sidang paripurna. Pada prinsipnya rapat Bapemperda yang lalu sudah menyetujui. termasuk berkordinasi dengan Biro Hukum dan Biro Ekonomi Pemerintah Provinsi Sumut bahwa PT. DSSU diarahakan untuk menangani pangan,” sebutnya. 


Selanjutnya, peninjauan berikutnya, ke lahan pertanian di Desa Namu ukur Kecamatan Sei Bingei, menempuh jarak sekira 5 KM dari lokasi Resi Gudang. Camat Sei Bingai Kabupaten Langkat Asnawati, S.Sos  menyampaikan, Luas bangunan Resi Gudang dan Kilang Padi itu +50M x 20 M diatas lahan  seluas 4500 M2. Sementara lahan persawahan produktif dikecamatan Sei Bingai yang saat ini dikelola masyarakat  seluas  + 3089 Hektar. 

Sementara itu Dirut PT. DSSU Isfan F. Fachruddin, SE., MSP melalui Direktur Operasional Budi Hartoyo Damanik, SE MM menyampaikan, selain kedua tempat itu, pihaknya juga sedang menyiapkan Resi Gudang, Kilang padi dan lahan pertanian  di Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai serta sejumlah lokasi lainnya di beberapa Kabupaten. 

“Saat ini kami sedang menyiapkan Resi Gudang, Kilang padi dan lahan pertanian  di kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai serta sejumlah lokasi lainnya di beberapa Kabupaten. Alhamdulillah sampai sekarang ini kordinasi lancar dan baik dengan institusi atau pihak terkait di daerah, serta arahan, motivasi dan masukan dari Ketua dan segenap anggota Bapemperda DPRD Sumut, terkait bisnis di bidang pangan ini. Kami mengharapkan doa masyarakat. Semoga semua proses terkait core bisnis ini semakin lancar dan dimudahkan Allah dalam segala urusan,” tuturnya.

Peninjauan berlanjut ke kilang padi dan lahan pertanian di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang. Rombongan disambut oleh Camat Beringin Wahyu Rismiana,STP.,MAP dan Kepala Desa Sidodadi Ramunia Salamun. 

Hampir seluruh Pimpinan dan Anggota Bapemperda DPRDSU ikut dalam kujungan itu. Selain H. Muhammad Subandi juga hadir Wakil Ketua Ricky Anthony, Anggota diantaranya Yahdi Khoir Harahap, H Hendra Cipta, H Syamsul Qamar, Irham Buana Nasution, Loso, Mangapul Purba, Sukihar Sagala, H Syahrul Efendi Siregar, Artha Berliana Samosir, Putri Susi Melani Daulay, H. Hariyanto, Parlaungan Simangunsong, Ebenezer Sitorus dan beberapa lainnya. 

Sementara dari pihak  PT DSSU yang ikut memdamping, Komisaris Walid Musthafa Sembiring, Dirut Isfan F Fachruddin dan Direktur Operasional Budi Hartoyo Damanik beserta para Menejer dan Staf. (pu.001) 


Komentar Anda

Berita Terkini