DPRD Dorong Pemerintah Optimalkan PAD

HARIAN9 author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan mendoromg Pemerintah Kota Padangsidimpuan untuk bisa mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya dari sektor Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto,SH saat menerima kunjungan audensi Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) periode 2020-2023 di ruang kerja Ketua DPRD, Selasa (28/07/2020).

Didampingi Sekretaris DPRD Irfan Bakhri, S.Sos, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto,SH menambahkan, dari sektor PBB, Pemko Padangsidimpuan masih memiliki tunggakan PBB sebesar Rp.32 milyar, yang merupakan tunggakan 'warisan', artinya tunggakan tersebut bukan saat pemerintahan sekarang, tapi sejak Kota Padangsidimpuan berdiri.

" Tentunya dengan tunggakan ini tetap memjadi beban daerah. Untuk itu, dalam peningkatan PAD kita terus mendorong pemerintah agar bisa mengoptimalkan pendapatan khususnya dari sektor PBB, " kata Siwan Siswanto.

Dikatakannya, PAD sangat erat kaitannya sebagai urat nadi pembangunan suatu daerah.Kalau pendapatan daerah tinggi, tentu bisa menopang pembangunan yang lebih baik. 

" Tentunya ini menjadi tugas berat bagi pemerintah untuk menekan tunggakan PBB yang cukup tinggi tersebut, apalagi berkaitan dengan perekonomian masyarakat yang mulai terpuruk akibat pandemi Covid-19, " ucapnya.

Selain itu, katanya, dari analisa, tunggakan PBB tersebut bukan hanya karena masyarakat yang tidak mau bayar akan tetapi masih banyak ditemukan SPPT PBB yang tidak ada lagi objeknya tapi masih saja diterbitkan. 

"Jumlah ini cukup besar sehingga mempengaruhi jumlah tunggakan PBB dan ini harus dimaksimalkan pencapaiannya. DPRD juga siap mengeluarkan payung hukum, termasuk melahirkan Perda yang baru yang sesui dengan kondisi sekarang, " pungkasnya.

Sementara itu Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap mengatakan bahwa wartawan PWI khususnya diĆ  Tabagsel siap bermitra dengan DPRD dalam rangka edukasi ke masyarakat melalui karya-karya jurnalis. Karena dengan peran pers informasi lebih tersambung kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat memahami kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah. 

" Kita pada prinsipnya siap bermitra dengan DPRD khususnya dalam pemberitaan dan komunikasi dua arah dapat terbagun dengan baik. Karena sinergi PWI dan DPRD sejauh ini cukup baik namun perlu lebih dieratkan, " katanya. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini