-->

DPRK Gayo Lues Lakukan Kunker ke Kabupaten Aceh Tamiang

harian9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Wakil Bupati HT. Insyafuddin, ST bersama Ketua dan Anggota DPRK Aceh Tamiang sambut kedatangan rombongan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues, kegiatan berlangsung diruang sidang utama pada Kamis (09/07/2020).

Kunjungan kerja yang dilakukan DPRK Gayo Lues ke Kabupaten Aceh Tamiang guna menjalin kerja sama dalam pembangunan jalan yang menghubungkan Kabupaten Gayo Lues melalui Desa Lesten dengan Kabupaten Aceh Tamiang tepatnya di Kampung Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu.

Diawali ucapan selamat datang, wakil Bupati Aceh Tamiang selanjutnya menyampaikan, terkait pembangunan jalan tembus pada prinsipnya kami siap mendukung, karena akan sangat menguntungkan bagi kedua daerah,"ucapnya.

"Saat ini  jalur tol Binjai Sumatera Utara yang melintasi Kabupaten Aceh Tamiang selanjutnya menuju Langsa sedang dalam proses pembebasan lahan dan Insyaallah pengerjaannya akan dimulai pada tahun depan.

"Jika proyek jalan tol ini selesai, maka jalur transportasi dari Gayo Lues ke Kota Medan melalui Kabupaten Aceh Tamiang akan jauh lebih terpangkas lagi. Disamping itu selama ini juga sebagian pasokan sayur dan buah di Aceh Tamiang dipasok dari Berastagi, Aceh Tengah dan Bener Meriah. Jika jalur ini nantinya telah terbangun, maka akan lebih menghemat waktu dalam perjalanan memasok sayur, buah dari Gayo Lues.

Wakil Bupati menambahkan, Kabupaten Aceh Tamiang saat ini tengah membangun pelabuhan ekspor import di Kecamatan Seruway, sehingga kedepannya pasokan sayur dan buah dari Gayo Lues bisa kita pasarkan ke Manca Negara,"ungkapnya.

"Terkait pembangunan jalan tembus ini, masih terkendala izin untuk bisa melewati kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Lauser. Diharapkan  kedua belah pihak untuk sama-sama aktif berupaya meloloskan perizinan tersebut, sehingga dapat segera terealisasi. Jalan tembus tersebut sebenarnya tidaklah begitu jauh lagi yang harus dibuka,  sekitar 14 kilo meter lagi, yaitu 7 kilo meter berada di Gayo Lues dan sisanya berada di Aceh Tamiang,"tegasnya.

Kesempatan yang sama, Suprianto,ST Ketua DPRK Aceh Tamiang  mengatakan, pada prinsipnya DPR sangat menyetujui jalinan kerjasama ini, terlebih mengingat dengan batas wilayah yang berbatasan langsung antar kedua Kabupaten,"ucapnya. (WD-013).

Komentar Anda

Berita Terkini