-->

Empat Rumah di Deli Serdang Rusak Diterjang Longsor

harian9 author photo
DELI SERDANG| H9
Sedikitnya 4 rumah di Desa Damak Maliho, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara rusak parah akibat diterjang tanah longsor pada Minggu 12 Juni 2020.

Selain merusak sejumlah rumah, dalam peristiwa bencana alam tersebut satu orang warga bernama Suryani (56) terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Deli Serdang lantaran tertimpa runtuhan rumah. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deli Serdang, Darwin Surbakti mengatakan, peristiwa tanah longsor yang menerjang 4 rumah warga di Dusun III, IV, dan V terjadi saat di kawasan itu diguyur hujan deras dan angin kencang sekitar pukul 18.00 WIB. 

"Longsor terjadi dari bukit yang jaraknya cukup dekat dengan rumah warga," kata Darwin Surbakti kepada awak media dihubungi lewat sambungan telepon seluler, Senin (13/7/2020). 

Darwin menyebutkan, sejumlah rumah sederhana yang diterjang tanah longsor tesebut dalam kondisi rusak, sehingga seluruh kepala keluarga yang terkena musibah terpaksa mengungsi ke rumah keluarga maupun kerabat mereka.

"Saat ini, kita sedang menginventarisir kerugian rumah yang tertimpa longsor dan berkoordinasi dengan pihak terkait.
Untuk penghuni yang mengalami kerusakan rumah sudah mengungsi sementara ke rumah sanak saudaranya," sebutnya. 

Kapolsek Bangun Purba, AKP Sudaryanto SH membenarkan bahwa telah terjadi bencana alam tanah longsor yang mengakibatkan empat rumah mengalami kerusakan. 

"Benar. Seorang warga atas nama Suryani yang tertimpa runtuhan bangunan rumah sudah mendapatkan perawatan intensif di RSUD. Pagi ini (Senin), kita tengah melakukan gotong royong untuk membersihkan tanah di rumah warga terkena longsor," pungkasnya.WD-40
Komentar Anda

Berita Terkini