-->

Hari Ke-7 Operasi Patuh Toba 2020, Polres Tapanuli Selatan Tilang 128 Kenderaan

HARIAN9 author photo
TAPSEL| H9
Hingga hari ke-7, Rabu (29/07/2020) digelarnya Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan ‘Patuh Toba’ Tahun 2020, yang dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Polres Tapanuli Selatan, Satuan Lalu Lintas Polres Tapanuli Selatan melakukan penilangan terhadap 128 kenderaan yang melanggar peraturan lalu lintas di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Swaradhana Elhaj, SH, SIK, MH yang dikonfirmasi melalui Kasat Lantas Polres Tapsnuli Selatan AKP. M.Soya Lato Purna, SH didampingi Kanit Teg Ident Sat Lantas Polres Tapanuli Selatan Iptu Tongan Siregar, SH mengatakan, hingga hari ke-7, Operasi Patuh Toba 2020 yang digelar ini, Sat Lantas Polres Padangsidimpuan mengeluarkan 128 surat tilang akibat berbagai pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan, diantaranya tidak memiliki helm dan tidak mempunyai kelengkapan surat-surat kenderaan.

Ia merincikan, selama operasi Patuh Toba 2020, barang bukti yang diamankan terdiri dari SIM 61 buah, STNK 57 buah dan kenderaan 10 unit. Sementara pelanggaran yang didominasi sepeda motor sebanyak 107 kasus, mobil penumpang (mopen) 13 kasus dan mobil barang 8 kasus.

“ Dari 128 tilang yang dikeluarkan tersebut, rata-rata diberikan bagi pengguna sepeda motor karena pengendaranya melakukan pelanggaran seperti, tidak menggunakan helm, tidak menyalakan lampu (light on), tidak melengkapi surat kenderaan dan melanggar arah jalan, “ terang Kasat.

Ia menyebutkan, pihaknya juga menerapkan sistim elektronik (e-tilang), yang mana pemilik kendaraan harus membayar denda tilang melalui bank dan menjalani persidangan di Pengadilan. Usai sidang, pemilik kenderaan memperlihatkan bukti setoran denda ke petugas untuk mengambil kembali kenderaannya.

" Disini kita tidak bisa untuk melakukan sidang lapangan seperti sebelum-sebelumnya. Tetapi pemilik kenderaan harus menjalani sidang dan membayar denda tilang melalui bank, kemudian bukti setorang diserahkan ke petugas untuk mengeluarkan kenderaan yang ditilang, “ katanya.

Selain menunjukan bukti setoran bank, pemilik kenderaan yang kenderaannya ditahan sementara, juga dapat mengambil kenderaan kembali dengan menunjukkan surat-surat kenderaan dan melengkapi kelengkapan kenderaan tersebut.             

AKP. Soya menambahkan operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan ‘Patuh Toba’ Tahun 2020,  digelar selama 14 hari sejak 23 Juki sampai 5 Agustus 2020 di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan maliputi Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Kasat mengharapkan kepada pengguna kenderaan agar melengkapi surat-surat kenderaannya dan kelengkapan kenderaannya dalam berpergian. “ Hal ini bertujuan guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), " ucap Kasat. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini