-->

Ibu Hamil Non Faskes Bisa Gunakan Jampersal

harian9 author photo
TANJUNG PURA| H9
Para ibu hamil di Kabupaten Langkat, bisa menggunakan jaminan persalinan (Jampersal) saat akan melahirkan.


Hal ini disampaikan Kasi Kesga Dinkes Langkat Sri Mahyuni, saat menghadiri Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Aula Desa Serapuh Asli, Kecamatan Tanjung Pura, Langkat, Jumat (10/07/2020)

Dijelaskan Sri, peserta Jampersal sendiri, hanya diperuntukan bagi ibu hamil yang tidak memiliki fasilitas kesehatan (Faskes) apapun.

"Misalnya tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), BPJS Kesehatan, atau asuransi lainnya, mereka bisa menggunakan Jampersal," bebernya.

Ditambahkan Sri, bagi ibu hamil yang tidak mampu atau tidak memiliki Faskes, bisa langsung mendaftarkan diri ke bidan desa, Puskesmas, atau rumah sakit yang sudah ditunjuk Dinas Kesehatan Langkat.

"Ada tiga rumah sakit yang bisa menangani Jampersal di Kabupaten Langkat, yaitu RSU Tanjung Pura, RSU Putri Bidadari dan RSU Delia," ungkapnya.

Masih Sri, bagi ibu hamil yang jauh dari fasilitas kesehatan, bisa memanfaatkan rumah tunggu atau ambulans Puskesmas setempat.

Sementara itu, Ketua Forum Peduli Kesehatan Masyarakat (FPKM) Langkat Surkani, SE, menambahkan, saat ini penanganan ibu hamil sudah bisa menggunakan dana desa (DD).

"Jadi Pemdes berperan aktif dalam penyelamatan ibu dan bayi baru lahir, sehingga tidak ada lagi korban jiwa pada saat melahirkan," sebutnya.

Dia juga meminta Pemdes Serapuh Asli, agar lebih meningkatkan sosialisasi terhadap masyarakat terkait pentingnya penyelamatan ibu dan bayi baru lahir.

"Jadi untuk memenuhi hal itu, Pemdes bisa bekerja sama dengan kader-kader Posyandu di setiap dusun, agar lebih aktif menyelematkan ibu hamil dari kematian," tegasnya.(WD012)
Komentar Anda

Berita Terkini