-->

Kapolres Padangsidimpuan Turun Langsung Ke Tengah Masyarakat Terapkan DDS

HARIAN9 author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Demi mewujudkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini SIK. MH turun langsung ke tengah masyarakat dengan menerapkan Door to Door System (DDS).

“ Manfaatnya cukup banyak. Kita langsung bertatap muka dengan masyarakat dan menerima apa keluhan serta harapan mereka tentang situasi Kamtibmas di sekitarnya, ” kata AKBP Juliani Prihartini SIK.MH, saat menerima audensi pengurus Perwatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), di aula Mapolres Padangsidimpuan, Rabu (22/07/2020).

Saat menerima audensi tersebut, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini SIK.MH didampingi Wakapolres AKBP Matnur Dalimunthe, SH, Kabag Ops Kompol Ahmad Fauzi KS, Kasat Reskrim AKP Bambang H. Tarigan, Kasat Lantas AKP Junaidi, Ps. Kasat Intelkam AKP Pahotan Gultom, Kasat Narkoba AKP Samaillun dan Kasubbag Humas Iptu Maria Marpaung. SE.

Sementara robongan PWI Tabagsel dipimpin Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap, unsure Penasehat Mhd. Yusuf Siregar dan Basyrah Batubara. Wakil Ketua Nimrot Siregar dan Riswandi, Sekretaris Ikhwan Nasution, Wakil Sekretaris Laidin Pohan. Bendahara Ahmad Cerem Meha, Wakil Bendahara Balyan Kadir Nasution dan Budi Saputra Lubis, serta Seksi Usaha Drs. RT Sitompul.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, program DDS, sudah berjalan beberapa bulan, berawal kedatangan Kapolres dan rombongan ke pemukiman warga dan berbincang lepas dengan kaum ibu di sejumlah kawasan yang selama ini dikenal sebagai ‘Kampung Narkoba’.

Dari pertemuan bersama kaum ibu di lokasi-lokasi yang telah disterilkan dari peredaran narkoba itu, Kapolres Padangsidimpuan mendapat hikmah inspirasi, yakni alangkah baiknya program sambangi warga ini diterapkan untuk masalah Kamtibmas lainnya.

“ Dari situlah kita ubah paradigmanya. Jika selama ini warga yang datang melapor ke Polisi, sekarang kita yang datang menjemput laporan ke tengah masyarakat. Alhamdulillah, efek positifnya cukup banyak, terutama bagi tugas-tugas kepolisian, ” terang AKBP Juli.

Ia menuturkan, bertugas di Kota Padangsidimpuan sejak bulan Februari kemarin, mantan Kasat Lantas Polrestabes Medan ini sudah mendatangi hampir seluruh Desa dan Kelurahan di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan dan sering kunjungannya tanpa aturan protokol, hanya berpakaian biasa dan bahkan jalan kaki atau sambil naik sepeda.

“ Dari sana banyak didapati informasi, baik seputar kondisi Kamtibmas maupun kinerja anggota di lapangan. Karena dengan berpakaian biasa, masyarakat yang tidak mengenalnya bisa berbicara bebas tanpa rasa sungkan, “ ucapnya.

Ia berharap, dengan kedatangan pengurus PWI Tabagsel untuk beraudensi dan meningkatkan sinergitas kemitraan, kami sambut dengan baik, karena silaturahmi ini juga bagian dari program mengkondusifkan Kamtibmas.

“ Saya harap rekan-rekan pers di PWI Tabagsel ikut berperan mengkondusifkan Kamtibmas lewat penyebarluasan informasi yang akurat dan menyejukkan kepada masyarakat luas, ” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap menjelaskan tentang aturan yang harus ditaati media dan wartawan, serta dinamika jurnalistik di era digitalisasi. Juga mengenai munculnya banyak laman elektronik atau web yang bukan media resmi, tetapi menampilkan konten menyerupai produk jurnalistik.

“ PWI Tabagsel berharap Polres Padangsidimpuan ikut membantu mencerdaskan warga dalam memilih dan memilah media yang sebenarnya, dan bertanggungjawab apabila muncul masalah yang diakibatkan pemberitaannya, “ ujar Sukri Falah. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini