-->

Masyarakat Sambut Gembira Pencairan BLT DD, Ini Pesan Kades Paringgonan Julu...

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa atau BLT-DD untuk penanggulangan dampak pandemi corona (covid-19) terus dibagikan oleh desa-desa di Kabupaten Padang Lawas. Sasarannya, keluarga yang membutuhkan dan dinilai layak menerima bantuan.

Tak terkeculai di Desa Paringgonan Julu, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) sudah terealisasi, sehingga dapat melakukan penyaluran BLT DD tahap III kepada 101 warganya, Selasa (28/07/2020). yang dipimpin oleh Ali Asri Hasibuan selaku Kepala Desa-nya. 

Penyaluran BLT DD tahap III yang dilakukan di lapangan terbuka dan tentunya dilakukan sesuai Protokol Kesehatan Covid-19 yang turut dihadiri Camat Ulu Barumun, Mukhtar Lufti Pangihutan Nasution, Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Zulkarnain Nasution, Pendamping Desa Ahmad Rivai Rangkuty, Hj Syawalidah Liliriani Siregar, Babinsa Koramil 08/Brmn, Pelda M. Hubban Daulay, Bhabinkamtibmas dan perangkat desa setempat.

Ali Asri yang cukup baik dan penih kharismatik ini secara langsung mengawal BLT DD bagi warganya. Dirinya didampingi pihak kecamatan, Babinsa, Babhinkamtibmas, dan Perangkat desanya dalam penyaluran pembagian BLT DD tahap III tersebut.

Antusias dan kegembiraan warga jelas terlihat dari kedatangan mereka yang tepat waktu. Bahkan separuh dari total 101 warga penerima sudah hadir mengisi tempat duduk yang sudah disiapkan oleh pemerintah desa.

Dalam kesempatan ini, Ali Asri Hasibuan  menegaskan, sesuai dengan arahan Bupati, pihaknya berupaya menyalurkan BLT-DD di Desa Paringgonan Julu dengan cepat, baik dan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kata Kades Paringgonan Julu, Ali Asri Hasibuan kepada Harian9.com selepas penyerahan BLT- DD Tahap III.

Kades menjelaskan, Penyerahan BLT DD ini kalau pihaknya sebelumnya telah melakukan pendataan secara menyeluruh kepada warga yang benar-benar layak menerima, sesuai kriteria yang telah ditentukan.

“Setelah itu kami lakukan musyawarah dan disepakati ada 101 Kepala Keluarga (KK) yang layak menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu, “ujarnya.

"BLT-DD tahap III ini, telah bisa kami salurkan agar bisa segera dimanfaatkan oleh warga masyarakat. Lebih cepat lebih baik," ucap Kades tampan  yang merebut perhatian masyarakat ini.

Ali Asri melanjutkan, pihaknya juga mengimbau masyarakat yang tak masuk sebagai sasaran BLT DD agar tetap tenang.

Dirinya juga menegaskan, dalam proses penyaluran itu menggandeng berbagai pihak sejak pendataan pemanfaat hingga proses penyalurannya.

"Kita harus hati-hati, administrasinya harus bagus. Penyalurannya harus tertib dan memperhatikan protokol kesehatan. Dan alhamdulilah, penyaluran BLT-DD di desa Paringgonan Julu hingga saat ini berjalan bagus,” ungkapnya.

Ali Asri pun berpesan kepada masyarakat yang menerima manfaat dari BLT-DD untuk dipergunakan sebagai penambahan gizi dan untuk pemenuhan bahan pokok pangan.

“Sesuai petunjuk pemerintah, penerima BLT-DD per bulan dapat insentif Rp 600 ribu. Tapi ingat, ini harus dipergunakan untuk penambahan gizi seperti beli beras, beli daging, beli sayur mayur. Intinya untuk kebutuhan Prioritas Ini perlu kita ingatkan karena situasi kita saat sekarang ini,” pungkasnya

Sementata Sekcam Ulu Barumun, Zulkarnain Nasution menambahkan untuk BLT tahap I dan II yang sudah diterima oleh masyarakat dan ini untuk Tahap III.

Harapan kami tetap sama, agar bantuan itu dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk keperluan yang penting seperti kebutuhan pokok dan untuk BLT DD tahap berikutnya masih menunggu dan melihat kondisi pencairan anggaran dana desa selanjutnya, “Tutur Sekcam. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini