Pelangi Muncul di Budidaya Geronggang IPMPL Bengkalis

HARIAN9 author photo
BENGKALIS | H9
Fenomena alam yang biasanya terjadi usai hujan itu muncul pelangi di lokasi Budi daya Geronggang IPMPL,sehingga banyak mempertanyakannya karena setiap warna dalam pelangi itu punya makna tersendiri dan bisa banyak dikaitkan keberuntungan, namun lokasi Budi daya Geronggang IPMPL yang di lingkari pelangi apa artinya.?

Pengelola Budi daya Geronggang di Bengkalis Solihin, menilai adanya pelangi aneh bin ajaib, karena selama ini sebelum munculnya pelangi belum ada yang aneh terhadap tanaman yang di budidatakannya ini padahal Gubernur Riau dan sejumlah Pejabat sudah survei ke lokasi, jelasnya.

Menurut Solihin, dari warna pelangi ada warna merah melambangkan kasih sayang, warna kuning melambangkan keceriaan dan semangat, namun bagi dirinya warna merah merupakan keberuntungan, mungkin ini pertanda kalau tanaman yang saya budidayakan ini untuk Rakyat Riau secara keseluruhan, karena pohon Geronggang ini bermanfaat mencegah kebakaran kalau ditanam di lahan gambut.

Kurniawan S.Hut.MSc.peneliti madya  BP2TSTH. melalui DPP.Aspekindo Riau mengatakan, Geronggang dengan nama latin Cratoxylon arborescens (Vahl) Blume, pohon ini merupakan jenis tumbuhan yang banyak dihutan rawa gambut, Geronggang tumbuh tersebar atau mengelompok pada belukar dan hutan primer yang tergenang, meskipun demikian Geronggang juga dapat tumbuh pada tanah berpasir ataupun tanah lempung berpasir.

Tumbuhan ini mampu mencapai tinggi hingga lebih dari 40 meter dengan diameter lebih dari 60 sentimeter. Kayunya memiliki sifat cukup kuat, ringan dan mudah dalam pengerjaannya. Cocok menahan air dilahan gambut agar gambut tidak kering dan mudah terbakar.

Dalam dunia ilmiah kayu ini termasuk dalam kelas awet IV, kelas kuat III-IV dengan berat jenis 0,46. Karena sifatnya inilah geronggang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat lokal untuk pembuatan konstruksi ringan, jembatan, kapal, furnitur, flooring, panel, papan partikel.

Selain manfaat kayunya, geronggang juga memiliki manfaat lain yang cukup beragam, diantaranya adalah sebagai antimikroorganisme, antioksidan dan penangkal radikal bebas serta antikanker.

Tidak cukup sampai di situ, geronggang juga memiliki manfaat lainnya yang tidak kalah pentingnya, yakni berguna dalam mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan, karena ia merupakan tumbuhan asli rawa gambut dan relatif tahan terhadap genangan air.

Penulis, Thamrin Nasution
Komentar Anda

Berita Terkini