-->

Pelibatan Peran Serta Masyarakat Untuk Penyelenggarahan LLAJ

harian9 author photo
PALAS| H9
Upaya penyelenggarahan Lalu lintas agar semakin Maksimal membutuhkan dukungan semua pihak termasuk peran serta masyarakat dari berbagai lapisan. Pelibatan peran serta masyarakat diharapkan dapat semakin lancar dan kuat terhadap pelaksanaan kinerja maupun kesadaran masyatakat padang lawas dalam berkenderaan dijalan raya.

Dengan adanya Peran serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kiranya lalu lintas semakin aman dan tertib dalam menggunakan segala jenis kenderaan.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang diketuai oleh Afriady Harahap priode 2019 - 2024 disampaikan kepada awak media ini, Kamis (02/07/2020) di kantor Dinas Perumahan Kawasan Permukan dan Perhubungan (Disperkimhub) kab. palas.

Menyadari pentingnya hal ini ,maka Organda Palas terus melakukan upaya pemberdayaan masyarakat, salah satunya melalui pembekalan para penggiat keselamatan berlalu lintas di berbagai penjuru Jalan melalui penyampaian langsung maupun lainnya.

Afriady menenakan "Masyarakat memiliki Hak untuk Berperan serta dalam penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yaitu menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Lalu Lintas. Selain itu juga berhak memberi masukan, pendapat dan dukungan kepada instansi pembina lalu lintas dan angkutan jalan, lalu timbul kesadaran, kemudian memiliki keterampilan dan pada akhirnya memiliki kemandirian dalam melaksanakan aktifitas berlalu lintas." Kata. Ketua DPC Organda Palas.

“Contohnya, Peran Serta Masyarakat ini dapat dilakukan secara perseorangan, kelompok, Organisasi Profesi, badan usaha atau organisasi kemasyarakatan." tambahnya.

Terkait hal ini, Kadis Perkimhub Ir. Abdullah melalui Kepala Bidang LLAJ Disperkimhub Sarmadan Siregar menyatakan "Benar dibutuhkan  Masyarakat untuk ikut berperan serta dalam Penyelenggaraan lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dan itu tertuang di Undangan - undang Lalu Lintas Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 Bab XVIII di pasal 256." kata Sarmadan.

Pelibatan masyarakat dalam pembangunan berwawasan dalam berlaly lintas bisa dilakukan melalui, pertama, Sosialisasi langzing kepada masyatakat, termasuk sebagai edukasi terdepan informasi dalam penyelenggarahan lalu lintas. Kedua, Masyarakat yang menjadi penggiat keselamatan berlalu lintas, sebagai pengembang kapasitas SDM masyarakat taat peraturan lalu lintas.

Ketiga, pembinaan masyarakat agar taat dengan cara bertahap namun pasti, sehingga tingkat kesadaran berlalu lintas semakin tinggi. Terakhir, fasilitator, sebagai pembangun sinergitas program dan kegiatan Lalu lintas di internal, dan eksternal di masyarakat. Tutur Sarmadan.

Disamping itu, Kepala Seksi Angkutan dan terminal Disperkimhub M. Irfan Taguh ditemani Ahmad Syairin Kasi Rekayasa Jalan menambahkan "Dukungan dan masukan dari masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi angkutan lebih baik secara kelompok agar terorganisir misal melalui Organisasi Angkutan." Ujarnya.

Menurutnya, kegiatan yang melibatkan peran serta mayarakay ini memberikan banyak pemahaman baru. Komitmennya sebagai penggiat keselamatan, ketertiban berlalalu lintas menjadi lebih kuat, yaitu ia ingin membagi wawasan tentang peraturan lalu lintas  kepada seluruh Masyarakat di lingkungan kerjanya. Pungkasnya sambil ikut menyusun cara susunan berkas tersebut.(WD-41)
Komentar Anda

Berita Terkini