-->

Pendaftaran PTDI-STTD Bekasi Polbit Palas Didominasi Alumni Santri

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Penutupan Penerimaan Calon Taruna/Taruni Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) tahun Akademik 2020-2021, yang telah dibuka oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Perkimhub) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) didominasi dari berbagai alumni santri pondok pesantren (Ponpes) yang ada di Palas.

Politeknik Transportasi Darat Indonesia atau PTDI-STTD Bekasi merupakan perguruan tinggi kedinasan yang ada di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Sebelumnya, PTDI-STTD Bekasi ini dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Perubahan yang dilakukan pada 2019 itu diperlukan sebagai upaya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang perhubungan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan

Kadis Perkimhub Palas Ir. Abdullah Nasution didampingi Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana (Sarpras) Supriyo, S. Tr. mengatakan, mereka para pendaftar untuk calonTaruna/Taruni PTDI-STTD Bekasi Pola Pembibitan (Polbit) Disperkimhub palas tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, dan tahun pendaftarnya yang paling mendominasi Alumni  Santri yang ada di kabupaten palas kita ini, Kata PLT Kadisperkimhub palas diruangan kerja Kamis (15/07/2020) sore jelang jam dinas usai, kepada Harian9.com.

Selama kurang lebih dari 2 (dua) pekan pendaftaran dibuka, telah terdaftar putra/I Daerah Padang Lawas dengan jumlah pendaftar yang terlapor sebanyak 40 Peserta, dengan rincian 16 orang alumni dari Madrasah, 9 orang, dari SMA Negeri 1 Barumun , 4 orang Alumni Sekolah Kejuruan (SMK) dan 11 orang
Alumni Tingkat SLTA lainnya untuk memperebutkan 3 kuota Catar PTDI-STTD yang disediakan oleh kemenpan kepada pemkab Palas. Sebut. Abdullah

Selain itu, Ia menambahkan, Jumlah tersebut bisa bertambah, mengingat pedaftaran dapat dilakukan mandiri secara online tanpa harus datang ke Kantor disperkimhub palas.

“untuk jumlah keseluruhan Pendaftar, Kita masih menunggu tahap pengumuman resmi dari BKN dan Kemenhub, yang akan diumumkan paling cepat tanggal 17 juli 2020” papar Kadisperkimhub Palas.

Dari Pemeriksaan Berkas Administrasi Pendaftar, 100% mereka adalah Putra/I Daerah Padang Lawas, hal ini dibuktikan dengan Kode NIK Kependudukan Kab.Padang Lawas. Pungkasnya.

Sementara Kabid Sarpras disperkimhub melalui Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana (Sarpras) Supriyo, S. Tr. Menjelaskan, Proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem ComputerAsissted Tes (CAT) yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 sd 23 agustus 2020 lokasi tes berada di Kanreg VI BKN Medan untuk wilayah Sumatera Utara, dan tanggal 30 Juli sd 03 agustus 2020 Kanreg VII BKN Pekanbaru Provinsi Riau untuk yang memilih lokasi ujian terdekat yaitu Provinsi Riau.

Tes Selanjutnya pelamar akan melaksanakan tes psikologi, integritas, dan kejujuran. Untuk terakhir tes pantukhir yang meliputi tes kesehatan, tes kesamaptaan, wawancara,
dan pemeriksaan penampilan, yang seluruh rangkaian tes pantukhir dilaksanakan di kampus ATKP Medan.

Tes fisik atau tes kesehatan yang diikuti calon pelamar meliputi lari, pushup, sit up, pullup dan chining, dan shuttlerun.

Tes lari dilakukan selama 12 menit bagi pria dengan minimal jarak tempuh 1200 meter. Untuk wanita lari lebih lama 2 menit yakni 14 menit dengan minimal jarak tempuh 1200 meter,” jelas Supriyo.

Disamping itu, Supriyo menuturkan, masih ada tes pushup, Laki-Laki sebanyak 35 sampai 40 kali, dan standar pushup untuk wanita antara 30 sampai 35 dengan waktunya sekitar 1 menit. Kemudian situp untuk Laki-Laki 35-40 kali, standar untuk wanita 30 kali dengan waktu 1 menit dan sejumlah tes fisik lainya. Tutur Supriyo, sembari menyiapkan berkas berkas penting lainnya berkaitan dengan PTDI-STTD tersebut.

Sebelumnya, Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi berharap, agar nantinya ada perwakilan santri yang lulus
menjadi catar PTDI-STTD, karena “keselamatan jalan itu diawali dengan doa “ Seperti itulah seharusnya SDM calon Perwira Transportasi. Harapnya.

Wabup mengimbau, agar para pendaftar berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan dari oknum yang
menjanjikan kelulusan dengan memberikan sejumlah uang.

Jika ada oknum yang menjanjikan lulus dan meminta bayaran, segera laporkan kepada kami,” Tegas Wabup. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini