-->

Personil PT Reihan Group Bersihkan Jaringan Listrik Di Sipirok

HARIAN9 author photo
PALUTA| H9
Untuk membantu melakukan pembersihan jaringan listrik dan menjaga layanan listrik handal, PLN ULP Gunungtua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui PT Reihan Prada Nassindo perbantukan 18 orang petugas Pelayanan Tekhnik (Yantek) ke daerah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Senin (27/7).

Petugas Yantek dari PLN Gunungtua yang diberangkat ke wilayah Sipirok Kabupaten Tapsel akan bekerjasama dengan petugas PLN di daerah itu untuk bergotong-royong  membantu perintisan yang mengganggu jaringan listrik agar tidak terjadi pemadaman. 

Petugas yang melakukan perintisan dan membersihkan jaringan listrik itu merupakan petugas Yantek dibawah naungan PT Reihan Prada Nassindo.

Direktur PT Raihan Parada Nassindo H Parada Siregar menyampaikan, sebanyak 18 orang petugas yantek dari PLN ULP Gunungtua yang diberangkat ke Sipirok untuk membantu petugas yang berada di wilayah itu melakukan pembersihan jaringan dari gangguan pepohonan. 

Kata Parada, PLN ULP Sipirok dan ULP Gunungtua termasuk dalam zona 2 dan pihaknya membantu pembersihan untuk mengupayakan layanan listrik handal. 

“Kita tetap mengupayakan layanan listrik handal dan tidak mau ada gangguan listik akibat pepohonan,” kata Parada Siregar. 

Sementara, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang Sidempuan Dian Harizal mengatakan, pemangkasan pohon yang berada di dekat jaringan listrik milik PLN harus dilakukan, selain untuk menjaga keamanan pasokan listrik, juga menjaga keselamatan masyarakat dan lingkungan disekitar jaringan listrik. 

Katanya, posisi aman jarak Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih lima meter.

“Ada 25 orang petugas yang kita terjunkan untuk melakukan pemangkasan batang pohon dan benda-benda lain yang mengganggu jaringan listrik. Termasuk 18 orang yang diperbantukan dari PLN ULP Gunungtua dibawah naungan PT Raihan Parada Nassindo," ungkap Dian Harizal. 

Sementara, Manager PLN ULP Sipirok Hardyansyah mengatakan, salah satu penyebab terjadinya gangguan listrik di Wilayah Sipirok Kabupaten Tapsel akibat gangguan pohon dan hewan. 

Tambahnya, apalagi dengan kondisi cuaca sekarang ini sering turun hujan sehingga rentan terjadi pohon tumbang dan lainnya.

“Salah satu penyebab padamnya aliran listrik yang paling dominan adalah karena gangguan pohon. Karena itu, petugas harus rutin menyelusuri jaringan untuk membersihkan pohon yang berpotensi menganggu jaringan listrik tersebut terutama ketika musim hujan," jelasnya. 

Ia juga berharap peran dari masyarakat apabila akan melakukan penebangan atau pemangkasan dahan pohon yang dekat dengan jaringan PLN agar berkoordinasi langsung ke PLN untuk bisa bersama-sama dilakukan pemberihan.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini