-->

PLN Dan PT Reihan Lakukan Supervisi Lapangan Wilayah Sipirok

HARIAN9 author photo
PALUTA| H9
Pastikan pengerjaan pembersihan jaringan listrik dari gangguan pohon terlaksana dengan baik, pihak PLN bersama PT Reihan Prada Nassindo melakukan supervisi atau meninjau langsung ke lapangan di wilayah Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa (28/7).

Tujuannya untuk memastikan pengerjaan selesai dan tidak ada lagi gangguan jaringan listrik akibat pohon, sehingga pasokan listrik di wilayah itu tetap terjaga kehandalannya.

Peninjauan ke lapangan langsung dipimpin Manager PLN UP3 Padangsidimpuan Dian Herizal didampingi Manager PLN ULP Sipirok Hardyansyah dan Direktur PT Reihan Prada Nassindo H Parada Siregar. 

Direktur PT Reihan Prada Nassindo H Parada Siregar mengatakan, selaku pihak yang bertanggung jawab dalam pelayanan Tekhnik (Yantek) untuk PLN, pihaknya menerjunkan sebanyak 25 orang petugasnya untuk melakukan pembersihan jaringan di wilayah zona 2 Sipirok.

“Ada 25 orang tim petugas Yantek PT Reihan Prada Nassindo yang dikerahkan melakukan pembersihan jarigan. Dan 18 orang diantaranya adalah petugas perbantuan dari tim Yantek Kabupaten Paluta," jelasnya.

Dikatakannya, pengerjaan pembersihan jaringan listrik di wilayah zona 2 PLN ULP Sipirok sudah selesai dikerjakan. Adapun titik pengecekan kesempurnaan jaringan (CKR) sekaligus supervisi pekerjaan pembersihan kabel udara yaitu, di daerah kecamatan Arse, Sipagimbar Dolok Hole dan Aek Bilah, jelas Parada Siregar. 

Sementara, Manager PLN UP3 Padangsidimpuan, Dian Herizal mengatakan supervisi ke lapangan dilakukan untuk memastikan jaringan tegangan menengah, tegangan rendah, gardu distribusi dan sambungan rumah terpasang sebagaimana mestinya, serta memastikan proses dan hasil pekerjaan pembersihan jaringan 20 kv  sesuai dengan standar prosedur dan benar- benar bebas dari sentuhan pohon atau benda asing (ROW/ruang bebas).

Kata Dian, untuk daerah Siprok ini tumbuhan atau pepohonan yang sering mengganggu jaringan listrik adalah tanaman pinus dan akasia.

“Pohon pinus dan akasia ini sering tumbang sehingga merusak jaringan PLN. Dan kita sudah mencari solusi alternatifnya yaitu dengan menggunakan kabel tanam," katanya. 

Namun katanya, sambil menunggu pekerjaan penggantian kabel udara menjadi kabel tanam terealisasi, pihaknya tetap fokus untuk membebaskan kabel dari sentuhan pohon, termasuk perbaikan jaringan yg rusak akibat ditimpa pohon yang menjadi tugas utama dari pihak PT Reihan selaku penanggung jawab Yantek.

Sebelumnya, Manager PLN ULP Sipirok Hardyansyah mengatakan, salah satu penyebab terjadinya gangguan listrik di Wilayah Sipirok Kabupaten Tapsel akibat gangguan pohon dan hewan.

Selain itu, penyebab padamnya aliran listrik yang paling dominan juga karena gangguan cuaca. Karena itu, petugas harus rutin menyelusuri jaringan untuk membersihkan pohon yang berpotensi menganggu jaringan listrik tersebut terutama ketika musim hujan, terangnya. (WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini