Satreskrim Polres Palas Ungkap Kasus Pencabulan Terhadap Perempuan Belum Dewasa

harian9 author photo
PALAS| H9
Seorang pria yang berinisial KM (22), pria berprofesi sehari-hari sebagai Tukang Bengkel warga Desa Aek Siala, Kecamatan Barumun Barat, Kababupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ditangkap Satreskrim Polres Palas karena melakukan tindak pidana pencabulan terhadap Perempuan yang Belum Dewasa. Jumat (10/07/2020) kemarin.

Tersangka ditangkap lantaran telah melakukan pencabulan terhadap seorang perempuan belum dewasa (18) sebut saja namanya bunga yang masih ikut orang tua, Bunga warga Desa Balangka, Kecamatan Sihapas Barumun, Kabupaten Palas, Provinsi Sumut.

Korban, Bunga (18) yang tidak terima atas perlakuan dan telah dicabuli oleh tersangka, lantas membuat laporan pengaduan ke Polres Palas, Sekira pukul 14.00 Wib korban, ditemani 2 orang saksi Ayah kandungya G (53) dan Kakak perempuannya YF (28) warga Desa Balangka, Kecamatan Sihapas Barumun sampai dimapolsek barumun dan dijelaskan oleh Korban didampingi kedua orang Saksi bahwa Korban (Bunga) telah dicabuli oleh KM. Laporan dengan nomor Polisi : LP/47/V/2020/SU/PALAS/SPKT, tanggal 13 Mei 2020.

Kapolres Palas, AKBP Jarot Yusviq Andito S.IK melalui Kasat reskim Polres Palas Iptu Aman Putra Bangunsyah, mengatakan, betdasarkan laporan korban dan Surat Perintah Penangkapan nomor : SP.Kap/ 44 /VII/2020/Reskrim, tanggal 10 Juli 2020.

Berbekal laporan pengaduan itu, dan Surat Perintah Penangkapan terhadap tersangka personel Sat Reskrim Polres Palas yang di Pimpin Kanit I Pidum Ipda Habibi C. Solosa, S.Tr.K bersama dua orang anggota Reskrim langsung melakukan penyelidikan.

Hingga akhirnya, jumat, (10/07/2020), sekira pukul 23.00 Wib, di dapat informasi bahwa tersangka sedang berada di rumahnya, tersangka pun berhasil dibekuk saat berada di ruang tamu rumah tersangka, Desa Aek Siala, Kecamatan Barumun Barat.

Kasat reskim Polres Palas Iptu Aman Putra Bangunsyah, menerangkan, kepada wartawan Sabtu, (11/07/2020),
kalau kasus pencabulan yang dilakukan tersangka ini terjadi hari Rabu (22/05/2020) sekira pukul 23.00 WIB.

Saat itu, tersangka KM tiba tiba mendatangi Korban Bunga kerumahnya disaat orang tuanya tidak berada dirumah korban bunga,  untuk membujuk rayu korban dari rumahnya untuk diajak agar mau ikut  bersama jalan jalan kerumah tersangka yang terletak di kecamatan Barumun Barat.

Lalu sekira pukul 23.00 wib tersangka membawa korban kesebuah rumah yang terletak didesa Aek Siala yang tidak jauh dari rumah tersangka.

Namun setibanya di rumah yang tidak dikenal oleh korban, tersangka KM memasukkan korban Bunga kedalam kamar yang ada di rumah itu, didalam kamar tersebut tetsangka KM melakukan perbuatan cabul terhadap korban bunga layaknya sebagaj suami istri sebanyak 2 kali.

Kemudian pada hari kamis, (23/04/2020) sekira pukul 11.00 wib orangt tua korban bunga bersama kakak perempuannya datang menjemput korban bunga dan dibawah pulang kerumahnya. Kepada ayah dan kakak perempuan korban bunga menceritakan apa yang telah dialaminya.

Atas kejadian tersebut itu, korban merasa keberatan dan dirugikan, dan melaporkan perbuatan cabul tersangka KM kepada polres palas supaya dilakukan pengusutan secara hukum sesuai dengan hukum yang berlaku. Terang  Kasat Reskrim Polres Palas, Iptu Aman Putra Bangunsyah.

"Setelah Tersangka di tangkap dibawa ke polres Padang Lawas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Akibat perbuatannya tersangka disangkakan KUHP Pasal 293: Barang siapa dengan memberi atau menjanjikan uang atau barang, menyalahgunakan pembawa yang timbul dari hubungan keadaan, atau dengan penyesatan sengaja menggerakkan seorang belum dewasa dan baik tingkah-lakunya untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul dengan dia, padahal tentang belum kedewasaannya, diketahui atau selayaknya harus diduga-nya, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun. Pungkas, Kasat Reskrim Polres Palas, Iptu Aman Putra Bangunsyah. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini