-->

Satu Orang Warga Paluta Terkonfirmasi Positif Covid-19

HARIAN9 author photo
PALUTA| H9
Satu orang warga kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini disampaikan oleh juru bicara tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 kabupaten Paluta Lairar Rusdi Nasution SSTP pada acara konferensi pers yang digelar di Posko GTPP Covid-19 kabupaten Paluta, Jumat (24/7).

“Dapat kami sampaikan bahwa satu orang warga kabupaten Paluta terkonfirmasi positif Covid-19,” ujarnya.

Dikatakannya, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang ditetapkan sebagai positif 02 tersebut berinisial NM (59) dengan jenis kelamin perempuan merupakan warga salah satu desa di kecamatan Dolok Sigompulon.

Tambahnya, berdasarkan hasil laboratorium dengan metode RT_PCR (Swab test) yang dilakukan sebanyak dua kali atas sampel cairan pasien yang diambil tanggal 14-15 Juli yang hasilnya diketahui pada tanggal 19 Juli lalu dengan hasil terkonfirmasi positif.

“Informasi dari Dinkes Provsu, hasil Swab test pertama dan kedua pasien hasilnya positif dan saat ini pasien positif 02 tersebut dirawat di RS Imelda kota Medan,” tambahnya.

Lairar menambahkan, diagnosa awal dan keluhan pasien mengalami batuk, demam, dugaan TB, asam lambung dan komplikasi jantung.

Ia menjelaskan, kronologis pasien bahwa pada tanggal 10 Juli lalu pasien mengalami penurunan kesehatan (kondisi drop) dan keesokan harinya, pasien yang sebelumnya dirawat oleh keluarga (menantunya) dibawa ke RS Imelda kota Medan untuk penanganan lanjutan.

“Sesampainya di Medan, pasien di Rapid test dan reaktif yang kemudian dilakukan dua kali swab test dan hasilnya terkonfirmasi positif,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, diketahui pasien sudah menderita sakit sejak lama dan sering melakukan pengobatan secara berkala ke RS Imelda selama ini.

Masih menurut Lairar, tim GTPP Covid-19 kabupaten Paluta sudah melakukan tracking dan akan melakukan pemberian edukasi terhadap keluarga maupun warga yang  kontak erat dengan pasien.

“Kita sedang melakukan edukasi terhadap keluarga maupun warga yang kontak erat dengan pasien dan akan segera kita lakukan Rapid test terhadap semuanya,” pungkasnya.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini