-->

Sosialisasi Stunting Di Desa Serang Jaya Hilir

HARIAN9 author photo
LANGKAT| H9
Untuk memberikan pengetahuan tentang Stunting kepada Masyarakat Desa Serang Jaya Hilir Kades Serang Jaya Hilir  bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Pematang Jaya Kabupaten Langkat melaksanakan Pelatihan dan Sosialisasi tentang Stunting di Aula Kantor Desa Serang Jaya Hilir, Rabu ( 8/7/20).

Ketika memberikan kata sambutannya Kepala Desa Serang Jaya Hilir Nazaruddin yang sering di panggil Adang mengatakan Bahwa Desa Serang Jaya Hilir merupakan Kampung Terasa Covid19 karena Desa Serang Jaya Hilir yang paling tanggap tentang covid sehingga mendapatkan penilaian dari Kabupaten Langkar untuk penilaian serta di ikut sertakan dalam penilaian ,mudah mudahan Desa Serang Jaya Hilir mendapatkan juara mininal juara dua.

Lebih lanjut Adang menjelaskan soal Stunting .Stunting merupakan bayi kurang gizi akibatnya pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak tidak normal atau kerdil.

Untuk Kecamatan Pematang Jaya ada 2 Desa yang di sebut daerah Stunting Desa Serang Jaya ada  tujuh(7 )kasus Stanting sedangkan Desa Serang Jaya Hilir ada enam(6) kasus Stanting  

Lebih jauh  Nazaruddin ,SH menyatakan mudah mudahan pelatihan dan Sosialisasi Stunting ini pemahaman dan pengetahuan Ibu Ibu soal Stunting dapat di praktekan di tengah keluarga masing masing maupun untuk masyarakat Desa Serang Jaya Hilir,  Dan Doa kita bersama moga Desa Serang Jaya Hilir meraih juara soal penanggulangan Covid19. Papar Adang

Sementara Kepala Puskesmas Pematang Jaya M.Yusuf,SKM ketika memberikan materi Stunting mengatakan Bahwa masalah Covid belum selesai untuk itu semua harus mengikuti protokol Kesehatan dengan memakai marker. Cuci tangan dan  Jaga jarak

Sebelum memberikan materi Kepala Puskesmas menganjurkan bagi yang belum memakai masker " Saya akan memberikan masker". Pemahaman covid19 dan Corona sama tidak ada bedanya karena ada juga masyarakat yang kurang paham soal itu 

Sebagai Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Masyarakat ( Ka Pus) M.Yusuf,SKM membeberkan ada sekitar 40 Desa Focus Stunting. Focus Stunting merupakan fokus Stanting di tempat atau di wilayah  Desa. Sementara  di Desa Serang Jaya Hilir ada enam kasus anak  Stanting. Begitu juga di Desa Serang Jaya ada Tujuh kasus Stanting. 

Pihak Puskesmas Pematang Jaya akan terus berupaya untuk mengawasi semuanya kasus Stunting. Selain masalah Stunting pihaknya juga akan mengawasi ibu hamil ,beber M.Yusuf ,SKM

Dalam kesempatan ini " Saya akan menjelaskan soal Stunting dan pencegahannya " Stunting merupakan anak yang  kerdil yaitu anak yang gagal dalam masa pertumbuhan  di masa umur di bawah 2 tahun .Stunting itu terjadi akibat kekurangan gizi ketika waktu hamil.maka perlu asupan gizi bagi ibu hamil dan 1000 hari kehidupan anak.

Stunting berawal dari Janin dan baru terlihat anak ketika berumur dua tahun. Gejalanya terlihat dari pertumbuhan anak kelihatan berbadan kerdil.  maka anak tersebut setiap bulan ditimbang.Ciri lainnya  dari profil tubuh terlihat kurang gairah . Berat badan rendah,pertumbuhan tulang tertunda dan satu dari tiga anak mengalami Stanting. Dampak dari stunting anak mudah  sakit  , kemampuan tidak dapat berjalan, fungsi tubuh kurang optimal

Pencegahan Stunting dapat di cegah dengan memberikan Asi. Asi di berikan kepada anak selama 2 tahun. harus ada akses air bersih,lingkungan yang sehat, pemberian  Gizi bagi  ibu hamil, dan setiap bulan membawa anak balita untuk di periksa kesehatannya dan di lakukab penimbangan berat balita ke puskesmas.

Kurangnyq pengetahuan tentang kesehatan M.Yusuf meminta kepada warga Desa Serang Jaya Hilir  untuk segera konsultasi dengan bidan Desa. 

Sebaikny Air susu pertama jangan di buang karena banyak mengandung gizi yang diperlukan bayi.Kemudian akibat terbatasnya akses kesehatan akibarnya  dua dari tiga ibu hamil kurang mengkonsumsi suplemen tambah darah. Hal yang sama  Kurangnya kesadaran Ibu Ibu membawa anak anaknya datang ke Posyandu.
Hal lainnya termasuk tempat Buang Air Besar( BAB) harus ada,jangan di ruang terbuka jangan  buang sembarangan tempat  karena bisa merusak sanitasi. 

Kemudian untuk pertumbuhan optimal bayi harus di berikan Asi sampai  Enam bulan dan di berikan makanan tambahan  ketika bayi berumur 12 bulan sampai 1000 hari di berikan makanan bergizi tidak harus mahal cukup buat dari rumah saja .

Ibu hamil harus di timbang berat badan, pengukuran puncak rahim, apabila bidan bilang bayi kurang baik maka ibu harus ke dokter  ibu hamil juga harus minum obat penambah darah karena ibu melahirkan banyak kekurangan darah akibatnya ibu akan kekurangan darah, papar M.Yusuf,SKM.

Turut memberikan kata sambutan Kepala Pemerintahan Kecamatan Pematang Jaya Ahmad Fitria mengatakan  pada tahun 2019 ada 16 kecamatan Stunting dan  saat ini pada tahun 2020 ada 40 Kecamatan termasuk Desa Serang Jaya Hilir Kecamatan Pematang Jaya dan penanganan Stunting sampai 2021.Kasus Stunting  menjadi perhatian Pemerintah Indonesia termasuk Kabupaten Langkat .
 
Untuk mencegah  Stunting yakni fi mulai pola asuh, makan dan minumnya ,lebih jauh Camat Ahmad Fitria memberikan beberapa materi yang sama yang sudah di sampaikan Kapus Pematang Jaya  seperti Stunting dan pencegahannya.

Diakhir acara pemberian bingkisan bagi ibu ibu hamil 

Turut hadir dalam acara sosialisasi Stanting Camat Pematang Jaya,,Ahmad Fitria,  Sekcam Pematang Jaya Syaiful Bahri, ,  Kepala Desa Serang Jaya Hilir Nazaruddin,SH ( Adang),Babinkamtibmas Brigadir Rico Suryadi dari Polsek P.Susu  Perangkat Desa,BPD. LPMD. Kepala Dusun, kader Posyandu, kaum ibu dan pers( WD.042)

Komentar Anda

Berita Terkini