-->

Tahun 2019, Kejari Paluta Berhasil Pulihkan Keuangan Negara Sebesar Rp11.269.680

HARIAN9 author photo
PALUTA|H9
Sepanjang tahun 2019, Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara (Paluta) melalui bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) berhasil memulihkan keuangan negara sebesar Rp11.269.680,-.

Kepala Kejaksaan Negeri kabupaten Paluta Andri Kurniawan SH MH melalui Kasi Datun Sahbana P Surbakti SH menyebutkan bahwa pemulihan keuangan negara tersebut berasal dari kerjasama melalui pemberian surat kuasa khusus (SKK) oleh pihak BPJS Kesehatan kabupaten Paluta atas tunggakan dari sejumlah perusahaan.

“Pemulihan keuangan negara itu atas kerjasama dengan pihak BPJS melalui SKK yang mereka sampaikan kepada kita,” ujarnya, Kamis (30/7).

Lanjutnya, pihak Kejari Paluta dapat membantu pihak-pihak tertentu antara lain Pemkab Paluta, BUMN, BUMD maupun yang lainnya yang menyampaikan permintaan permasalahan yang bersangkutan dengan pemulihan keuangan negara.

Sebab katanya, selain melakukan penegakan hukum, Kejari Paluta juga terus melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi dan hal yang berkaitan dengan yang merugikan keuangan negara, di mana Bidang Datun Kejari Paluta memiliki sejumlah produk hukum yang bisa dimanfaatkan dinas/instansi pemerintah, BUMN, BUMD dan masyarakat antara lain penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan, pelayanan hukum dan tindakan hukum lain. 

“Kita berharap pihak Pemkab Paluta dapat memanfaatkan berbagai produk hukum itu jika terdapat permasalahan hukum dengan bersinergi kepada Kejari Paluta untuk penyelesaiannya,” tukasnya.

Karena, Pemkab Paluta juga  bisa membuat permintaan kepada pihaknya untuk menyelesaikan ataupun melakukan pendampingan penyelesaian permasalahan hukum yang berkaitan dengan pemulihan keuangan negara. Sehingga pihaknya melalui bidang Datun bisa segera melakukan koordinasi dan mediasi atau penyelesaian. 

Sebab kerjasama tersebut tentunya untuk mewujudkan perbaikan birokrasi, penyerapan anggaran secara optimal, serta menciptakan iklim investasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional hingga penegakan hukum yang efektif dengan tindakan pencegahan (Preventif).

“Prinsipnya, Kejari Paluta siap mendukung Pemerintah Kabupaten Paluta dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan bebas dari Korupsi,” pungkasnya.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini