-->

Tanpa Miliki Izin Perusahaan, Pemkab Palas Teken Mou dengan Kejari Palas

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Siap mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas), untuk menindak tegas perusahaan yang belum melengkapi izin yang beroperasi di daerah Palas ini. Kejaksaan Negeri Padang Lawas Teken tindak lanjut MoU.

“Kejaksaan siap membantu pemerintah untuk menindak tegas perusahan yang beroperasi tanpa kelengkapan izin sesuai ketentuan, kejari palas, dengan pemerintah daerah tentang hukum perdata dan tata usaha negara (PTUN). Kata Kajari Palas Kristanti, Senin (20/7/2020) usai penandatanganan tindak lanjut MoU kerjasama tersebut.

Kristanti mengatakan, Penindakan ini, sesuai hasil dan tindak lanjut penandatanganan MoU terkait pendampingan hukum bidang perdata dan tata usaha negara (TUN) dengan Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap selaku Kepala pemerintahan daerah. Katanya.

Plt kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Habibullah dengan asisten I, yang juga Plt Badan Pendapatan Daerah, (Bapenda) Gunungtua Hamonangan Daulay menyatakan, di Padang Lawas ada sejumlah perusahaan yang lalai dalam melengkapi perizinan.

Keduanya menyampaikan, akibat perizinan perusahaan yang tidak lengkap akan berimbas terhadap pajak dan PAD. Sehingga ini akan berdampak dan menimbulkan kerugian terhadap sumber pendapatan daerah.

Menyahuti keluhan tersebut, Kajari Kristianti menyatakan, terkait masalah perizinan itu tentu include dengan masalah pajak dan berkaitan dengan pendapatan daerah.

Untuk itu, tambah kajari, pihaknya siap membantu pemerintah daerah untuk menindaklanjuti permasalahan periznan tersebut secara menyeluruh khususnya perusahaan.

Begitu juga permasalahan hukum perdata lainnya yang ada kaitannya dengan kerugian daerah, termasuk masalah kekurangan volume proyek ataupun kelebihan bayar sebagaimana temuan BPK RI.

“Selaku pendamping hukum dan pengacara negara, Kejaksaan siap memanggil para perusahaan dan pengusaha nakal yang lalai melaksanakan tanggung jawab,” pungkas Kajari Palas, Kristanti. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini