-->

Tipu Jual Beli Kayu, Warga Tanjung Morawa Diciduk di Warung Mie Aceh

harian9 author photo
TANJUNGMORAWA| H9
MEH, pria 58 tahun, warga Dusun III, Gang Serumpun, Desa Dagang Kerawang, Kecamatan Tanjungmorawa, harus berurusan dengan polisi dan dijebloskan ke penjara, setelah ditangkap personel Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Tanjungmorawa di warung Mie Aceh, Jalan Bandar Labuhan, Desa Dagang Kerawang, Selasa (7/7).

MEH ditangkap berdasarkan laporan korbannya, Jawakil Butar Butar (65), warga jalan Kongsi, Desa  Marendal I, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang ke Polsek Tanjungmorawa atas kasus  penipuan dan penggelapan.

Dalam laporannya, korban, menjelaskan pada 6 April 2020 lalu, korban mendapat telepon dari  saksi Ilham Sitorus yang memberitahu kalau pelaku ingin menjumpainya untuk membeli kayu jenis jabon milik korban di ladangnya, Dusun IX, Desa Wonosari, Tanjungmorawa. 

Untuk 28 kayu jabon, MEH akan membayar sebesar Rp6,5 juta. Tanpa pikir panjang, korban pun mengiyakannya. Pada 9 April 2020, korban dan pelaku bertemu di ladang korban dan mengangkut kayu yang dijual korban tersebut. Saat itu korban menanyakan, kapan kayunya itu akan dibayar. 

Pelaku lantas  menjawab, pembayaran dilakukan jika kayu tersebut telah laku. Ternyata, apa yang dijanjikan pelaku hanya buaian. Pelaku tak kunjung melunasi pembayaran.
 
Pada 3 Juni 2020, korban dan pelaku membuat surat perjanjian pembayaran. Dalam surat 
perjanjian itu, disepakati pembayaran paling lambat 15 Juni 2020. Namun sampai 24 Juni 2020,  pelaku tak kunjung menepati janjinya. Alhasil, korban melaporkannya ke Polsek Tanjungmorawa.

Menerima laporan korban, personel Unit Reskrim Polsek Tanjungmorawa bergerak dan 
mengamankan pelaku, Selasa (7/7), saat pelaku di warung Mie Aceh, Jalan Bandar Labuhan, Desa  Dagang Kerawang.

"Terhadap MEH, kita persangkakan Pasal 378 Jo 372 KUHPidana tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman hukuman tiga tahun delapan bulan penjara," ujar Kapolsek Tanjungmorawa, AKP Sawangin kepada wartawan, Rabu (8/7.2020.(WD-40)
Komentar Anda

Berita Terkini