-->

BI Corner Hadir di Perpustakaan Kota Medan

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9 
Untuk lebih meningkatkan literasi masyarakat khususnya di Kota Medan, Bank Indonesia meresmikan BI Corner di Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Rabu (5/8/2020). 

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan saat ini ada lebih dari 850 BI Corner se Indonesia.

"Kita bekerja sama dengan pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan untuk mendirikan satu lagi BI Corner di Kota Medan. Antara BI dan Dinas Perpustakaan berhubungan karena sama-sama tentang buku dan ada keterkaitan bagaimana meningkatkan literasi masyarakat Kota Medan," ujar Wiwiek.

Wiwik menjelaskan Kerja sama ini, bukan hanya dalam pembuatan BI Corner tetapi juga dalam hal pengembangan perpustakaan. Wiwiek menjelaskan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan juga sudah memberikan kontribusi terhadap pengembangan perpustakaan yang ada di Bank Indonesia.

"BI Corner ini merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan untuk mendiseminasikan kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat. 
Melalui BI Corner kita mensosialisasikan kebijakan dan kegiatan apa yang dilakukan BI. Sehingga bisa disalurkan dengan baik kepada masyarakat," paparnya.

Ia juga menyebutkan, buku-buku yang ada di BI Corner akan disesuaikan dengan mayoritas pengunjung perpustakaan Kota Medan. Dengan mengubah koleksi dan menambah variasi literatur, diharapkan BI Corner ini bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat Kota Medan.

"Ini adalah kebanggaan karena kami bisa bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Kota Medan. Ini bukan kerja sama yang pertama kali tapi sudah beberapa kali. Kerja sama ini bagus untuk diteruskan dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat," jelasnya. 

Diakuinya membaca memang sebuah kegiatan yang susah untuk diterapkan. Untuk itu pihaknya terus berupaya mengubah cara memasarkan perpustakaan agar masyarakat semakin senang menambah ilmu di perpustakaan. 

"Di Bank Indonesia juga ada perpustakaan. Kami juga terus berbenah dari sisi layout, fasilitas, literatur, kita terus melakukan update. Untuk BI Corner yang ada di sini mohon dirawat dan digunakan seoptimal mungkin," ujarnya. 

Selain itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Maya Fitriani mengucapkan terimakasih atas pembuatan BI Corner di perpustakaan yang berlokasi di Jalan Iskandar Muda ini. Bantuan ini diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat Kota Medan.

"Aplikasi yang ada di BI juga akan bisa dibuka di sini. Jadi BI Corner ini sungguh bermanfaat untuk menambah koleksi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan," katanya.  

Maya menambahkan, Perpustakaan Kota Medan ini juga sudah buka sejak 2 Juni 2020. Pembukaan perpustakaan ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pengunjung harus diukur suhu tubuhnya, wajib mencuci tangan, dan juga menggunakan masker. 
(pp-04)
Komentar Anda

Berita Terkini