BNI Syariah Salurkan 530 Hewan Kurban Senilai Rp4,3 Miliar

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9
BNI Syariah bekerjasama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Idul Adha 1441 H. Melalui kegiatan ini, BNI Syariah sebagai Hasanah Banking Partner terus berkomitmen untuk dapat menebarkan hasanah dan membawa manfaat bagi seluruh mitra dan masyarakat.

Branch Manager BNI Syariah Medan Imam Samekto kepada wartawan Sabtu (1/8/2020) mengatakan acara “QurbanKu HasanahKu” BNI Syariah Kantor Cabang Medan tahun ini sebanyak 5 ekor lembu dan 5 ekor kambing.

Pelaksanaan penyembelihan yaitu pada Jumat (31/7) 1 ekor sapi di Masjid Al jihad Jalan Abdullah Lubis Medan Jumat (31/7), yang disembelih adalah hewan qurban Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) dan 1 ekor kambing di Sekolah Al fityan.

Kemudian pada Sabtu (1/8), disembelih 3 ekor sapi dan 4 ekor kambing di Masjid Maraset Jalan Sei Deli, Kelurahan Silalas Medan. Satu ekor sapi lagi di Masjid Al Ikhlas, Rumah Galuh, Sei Bingei, Langkat. Acara tersebut juga dihadiri Imam Samekto dan beserta seluruh manajemen.

“Untuk pelaksanaan Qurban di masjid Al Ikhlas Sabtu (1/8) juga sekaligus kami menyerahkan wakaf 10 mushaf Al Qur’an karyawan karyawati BNI Syariah Medan kepada DKM Masjid Al Ikhlas yang diterima oleh Ustadz Rudi,” kata Imam.

Ia menjelaskan pada tahun ini BNI Syariah menyelenggarakan empat kegiatan yaitu kegiatan pengumpulan hewan qurban karyawan BNI Syariah dan nasabah dengan nama QurbanKu HasanahKu; kemudian program reward bagi cabang dengan perolehan hewan qurban terbanyak yang disalurkan melalui BNI Syariah dengan nama Reward Hasanah.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan semangat insan hasanah BNI Syariah dalam berpartisipasi dan berlomba dalam kebaikan,” kata Imam.

BNI Syariah juga melakukan penyaluran hewan kurban 10 titik terluar Indonesia (Benteng Hasanah di Batas Negeri) dengan nama Qurban di Benteng Hasanah; serta Qurban atas nama Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) di beberapa kota diantaranya Jabodetabek, Semarang, Makassar, Aceh dan Medan.

Abdullah Firman Wibowo berharap Qurbanku Hasanahku 1441 H bisa menjadi wadah bagi masyarakat, nasabah, maupun karyawan dalam menyalurkan hewan kurban secara tepat sasaran dan menjangkau penerima manfaat yang lebih luas.

“Semoga kami dapat terus menjadi mitra yang menemani perjalanan menuju Hasanah dunia dan akhirat, Insya Allah,” kata Abdullah.

Total hewan kurban yang disalurkan melalui BNI Syariah dalam rangka Idul Adha 1441 H kali ini lebih banyak dari tahun lalu yaitu sebanyak 530 hewan kurban dengan nilai R p4,26 miliar, yang terdiri dari 190 sapi/kerbau senilai Rp 3,3 miliar dan 340 kambing/domba senilai Rp 926 juta di seluruh kantor cabang BNI Syariah.

“Seremonial pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, disebabkan karena adanya Pandemi COVID-19,” kata Abdullah.

Ia mengatakan kegiatan Qurbanku Hasanahku tahun ini diharapkan bisa mengajak masyarakat memperoleh pengalaman berhasanah melalui iconic event Idul Adha yang diselenggarakan oleh BNI Syariah.

Terkait kondisi pandemi COVID-19, pada tahun ini seiring dengan Surat Edaran Menteri Agama RI dan Surat Edaran Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, pemerintah menganjurkan bahwa proses penyembelihan hewan kurban harus disesuaikan dengan prosedur dan pelaksanaan kondisi New Normal.

QurbanKu HasanahKu dilakukan di 107 masjid yang sudah bekerjasama dengan BNI Syariah dalam kelolaan Pelatihan Manajemen Masjid (PMM) dan masjid terdekat lokasi cabang. Periode pelaksanaan QurbanKu HasanahKu dilakukan pada 31 Juli – 3 Agustus 2020.

Kegiatan QurbanKu HasanahKu dilakukan oleh 5 Sektor Kantor Pusat, Kantor Wilayah dan Cabang. Hewan Qurban dalam kegiatan ini disalurkan kepada kaum dhuafa/ penerima manfaat dengan menggandeng mitra masjid yang sudah bekerja sama dengan BNI Syariah seperti masjid dalam kelolaan PMM dan atau masjid terdekat dengan lokasi BNI Syariah.

Pelaksanaan Qurban di Benteng Hasanah dilakukan di 10 titik diantaranya Pulau Semau, Nusa Tenggara Timur; Konawe Selatan, Sulawesi Tengah; Desa Beha, Tabukan Utara, Sulawesi Utara; Singkawang Kalimantan Barat; Dusun Penyeladi, Hulu Kalimantan Barat; Desa Kudu, Kecamatan Oba Utara, Tidore, Maluku Utara; Desa Ubung, Pulau Buru Maluku; Pulau Kubung Airmas Batam; Kabupaten Aceh Jaya, Aceh; dan Pesantren Asy Syabaab Jogoroto Jombang.

Dalam pelaksanaannya, Qurbanku Hasanahku juga mengandung unsur green activity untuk kelestarian lingkungan, dimana penyerahan hewan kurban kembali menggunakan besek bambu.

Untuk menambah kemeriahan peringatan Idul Adha 1441 H, BNI Syariah menyelenggarakan program Qurbanku, yaitu Program Qurban Progressive; Program Qurban Hasanah Cicilan 0 persen selama 3 Bulan; dan Program Qurbanku.

Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen untuk menjalankan Hasanah Way, yang terus menerus berusaha mengingatkan dan mengajak kearah yang lebih baik dengan niat untuk memberikan kebermanfaatan dan kebaikan (Hasanah) yang tidak terputus baik di dunia maupun akhirat.(pp-04)
Komentar Anda

Berita Terkini