-->

BPS Sumut Adakan Kick Off Mencatat Indonesia 2020

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9
Badan Pusat Statistik Sumatera Utara serentak mengadakan acara Kick Off Mencatata Indonesia 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Dr Syech Suhaimi SE MSi, mengatakan, dari total jumlah penduduk Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang diperkirakan mencapai 14 juta jiwa, baru 2,34 juta jiwa atau sekitar 15,84 persen yang berhasil dicacah.

Pada SP2020 Online tercatat 561,89 ribu keluarga atau sekitar 14,78 persen keluarga di Sumut yang berhasil dicacah. Secara umum, masih ada 84 persen lagi penduduk yang belum tercacah oleh BPS Sumut, ujarnya Kepada para wartawan dalam acara "Kick Off Mencatat Indonesia 2020" di Medan, Senin (31/8/2020), 

Syech menambahkan ada sejumlah faktor mengapa hal itu belum terealisasi secara sempurna. 

Pertama, wabah Covid-19 sempat membuat proses pencacahan terhenti. Kedua, pihaknya melihat masyarakat yang tinggal di perkotaan memiliki akses internet yang cepat ternyata tidak disiplin dalam mengisi kuesioner yang diluncurkan BPS Sumut secara daring yang menjadi bagian dari SO2020 Online, 

Kata Syech Suhaimi yang banyak mengisi pendataan kependudukan secara online justru masyarakat yang dianggap wilayahnya tidak didukung oleh fasilitas internet yang memadai.

Katanya, proses pencacahan penduduk yang dilakukan pada bulan September 2020 diharapkan dapat menuntaskan pencacahan penduduk Sumut secara keseluruhan.

Untuk itu pihaknya akan mengerahkan 9.133 petugas sensus untuk mencacah seluruh penduduk Sumut. Awalnya pihaknya merencanakan sekitar 20 ribuan petugas. Namun karena merebaknya pandemi Covid-19, jumlah itu terpaksa dikurangi.

"Petugas yang direkrut dapat mengerjakan proses pencacahan itu sambil menerapkan protokol kesehatan. Para petugas nantinya akan menge-drop bahan pertanyaan kepada warga untuk kemudian akan diambil kembali pada jam atau hari tertentu, pungkas Syech.(pp-04)
Komentar Anda

Berita Terkini