-->

Bupati Aceh Tamiang: Semoga Pelatihan SDC Dapat Mengurangi Angka Pengangguran

HARIAN9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Di tengah pandemi Covid -19 dalam era new normal, tidak menyurutkan  Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk mengembangkan keterampilan masyarakat melalui pelatihan berbasis kompetensi Skill Development Center (SDC) yang diprakarsai oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, kegiatan pembukaan berlangsung di Aula Setdakab Aceh Tamiang pada Selasa (11/08/2020).

Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M Kn dalam sambutannya mengatakan, 
saya sangat berharap, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan bagi angkatan kerja  dan nantinya dapat mengurangi angka pengangguran di Bumi Muda Sedia,"jelasnya.

"Kehadiran SDC ini sangat membantu masyarakat Aceh Tamiang khususnya para Tuna Karya dan hasil nyata yang bisa dilihat, dengan banyaknya peserta terdahulu  telah berhasil secara berdikari dengan usahanya. Dengan Output tersebut, tentunya Pemerintah tidak langsung lepas tangan setelah melakukan Pelatihan, namun tetap memantau dan membimbing serta memenuhi segala yang dibutuhkan
sampai mereka dapat membuka usahanya. 

“Sebenarnya, untuk mengatasi pengangguran melalui Program SDC bukanlah tanggung jawab Disnakertrans semata, tapi merupakan tanggung jawab bersama lintas sektor dan stakeholder terkait dimana unsur-unsur Akademisi, Pebisnis dan Government secara bersama-sama dapat ikut menggerakkan dan berperan   secara langsung. 

Bupati menambahkan, kepada Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Aceh agar tetap mensupport pelatihan  berbasis jompetensi ini dan untuk dapat lebih diprioritaskan bagi Daerah terkhusus Kabupaten Aceh Tamiang. Kepada para peserta pelatihan, agar terus membekali dan mempersiapkan diri dengan pengetahuan, keterampilan serta keahlian, guna membentuk sikap mental. Jangan takut untuk memulai, karena harus diketahui, orang-orang hebat memulainya dari nol, bahkan dari kegagalan,"ungkapnya.

Kesempatan yang sama, kepala BLK Aceh Teguh Sulistyono, SE, M. Si. Teguh dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan dari pelatihan ini ialah untuk meningkatkan, mengembangkan kompetensi kerja, produktifitas, disiplin, etos kerja bagi peserta pelatihan pada tingkat keterampilan dengan keahlian tertentu sesuai jenjang serta kualifikasi jabatan atau pekerjaan,"jelasnya.

“Dari semua pelatihan SDC yang ada di Kabupaten/Kota yang ada, Aceh Tamiang merupakan yang terbaik. Tentunya Ini merupakan kebanggaan, karena semangat dan tim work dari semua pihak di Aceh Tamiang ikut berkontribusi dalam kelancaran program. 

“Atas nama Kementerian Tenaga Kerja, kami mengucapkan terima kasih untuk semua, begitu juga kepada Pertamina yang merupakan Perusahaan terbesar di Indonesia dan mempunyai kepedulian kepada masyarakat cukup tinggi, Ini merupakan komitmen bersama, untuk mengurangi tingkat pengangguran serta tentunya tidak dapat hanya dilakukan oleh satu Dinas saja, namun juga kerjasama dari seluruh sektor,"tegasnya.

Sementara dalam kesempatan itu juga, Field Manager Pertamina Rantau Totok Parafianto menyampaikan, program ini merupakan wujud komitmen kami dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,"ungkapnya.

“Kami berharap selama mengikuti pelatihan ini, agar para peserta dapat memperhatikan protokol kesehatan, dan segala ilmu yang didapat bisa terserap dengan baik. Pertamina selalu berkomitmen, salah satunya ialah dalam program CSR melalui pemberdayaan masyarakat, yaitu meningkatkan ekonomi melalui pembinaan pelatihan perbengkelan dan otomotif bagi disabilitas,"terang Totok. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini