-->

Ciptakan Stabilitas Kamtibmas, Polres Palas Rutin Laksanakan Razia Pekat

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Dalam rangka menciptakan stabilitas keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Personil Satuan Sabhara Kepolisian Resor (Polres), Kabupaten Padang Lawas (Palas) secara rutin melaksanakan Opetasi Penyakit Masyarakat (Pekat) yang merupakan Kegiatan Rutin dengan sasaran utama peredaran minuman keras (Miras) pada Minggu (30/08/2020). Yang dimulai Sekira pukul 09.00. Wib.

Pelaksanaan operasi, tujuan dari kegiatan operasi ini dalam rangka mencegah tindak kriminalitas serta memberantas peredaran minuman keras terutama yang berpotensi menimbulkan korban seperti miras jenis tuak dan lainnya.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Palas AKP. Muhammad Husni Yusuf dengan melibatkan personil Satuan Sabhara melaksanakan  pengecekan terhadap tempat – tempat yang di sinyalir menjual minuman keras, diantaranya di lokasi Desa Binanga dan
Desa Siaborgoandalan, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Palas, berhasil mengamankan barang bukti berupa Dua Puluh (20) derigen tuak., Dua (2) sepeda motor., dan Satu (1) mobil pick up.

Barang bukti tersebut diatas, beserta Lima (5) orang tersangka langsung di bawa Ke Mapolres Palas, guna di proses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kapolres Padang Lawas, AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK melalui Kasat Sabhara, AKP. Muhammad Husni Yusuf, SH. membenarkan adanya penangkapan lima (5) orang, beserta batang buktinya, pada saat razia Pekat, yang dilaksanakan, Minggu (30/08/2020). Yang dimulai Sekira pukul 09.00. Wib itu.

Kegiatan ini sebagai rangkaian pelaksanaan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat), dan Guna menanggapi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Padang Lawas Nomor, 07 Tahun 2015 Tentang Pengendalian, Pengawasan dan Penertiban Minuman Beralkohol, sekaligus untuk meminimalisir aksi kriminalitas," Kata. Kasat Sabhara, AKP Muhammad Husni Yusuf, SH.

Saat dilakukan razia pekat tersebut, personil berhasil mengamankan Lima (5) orang tersangka yang berinisial MH,
AZ, SS, ZD dan IAS. Yang diduda sebagai pemilik tuak dan kedai.

Selanjutnya, Kelima tersangka yang kita tangkap saat razia pekat ini. Mereka beserta barang buktinya telah kita amankan di Mapolres Palas guna proses lanjutan,” kata Yusuf.

Kasat Sabhara menambahkan, untuk kelima tersangka tersebut, melanggar Pasal 03 ayat (2) Petaturan Daerah (Perda) Kabupaten Palas Nomor 07 Tahun 2015.

Terhadap kelima tersangka tersebut, akan dilanjutkan ke proses persidangan tindak pidana ringan (Tipiring) ke PN Sibuhuan,” dijelaskan Yusuf.

Selain itu, Yusuf menyampaikan, agar tidak ada lagi peredaran minuman keras apalagi miras jenis ini sudah bagian dari perda palas dan itu merupakan salah satu atensi dari pimpinan sebagai upaya menekan korban serta tindak kejahatan akibat pengaruh minuman keras. Pungkas, Kasat Sabhara, AKP Muhammad Husni Yusuf. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini