-->

Diharapkan Nanggar Jati Camp Berkembang Menjadi Pusat Wisata Lingkungan

HARIAN9 author photo
TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M. Pasaribu mengharapkan Nanggar Jati Camp agar terus dikembangkan menjadi pusat wisata di Kabupaten Tapsel, dengan tetap menjaga kelestarian alamnya.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Syahrul saat membuka dan meresmikan kegiatan Perkemahan Nanggar Jati tahun 2020 atau Nanggar Jati Camp 2020 di Desa Huta Padang, Kecamatan Arse Kabupaten Tapsel, Sabtu (29/08/2020).

Pada peresmian tersebut dihadir Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, pimpinan OPD terkait, Raja Luat Sipirok Edward Siregar gelar Sutan Parlindungan Suangkupon Siregar, tokoh masyarakat  Sipirok-Narobi Mangaraja Tenggar Siregar, dan Harajaon Arse Baginda Barani Batubara.

Pada kesempatan itu Bupati Syahrul M. Pasaribu juga sangat bangga dan mengapresiasi inovasi Forum Pemuda Peduli Sipirok-Narobi (FPPSN) dan Komunitas Pencinta Alam Generasi Motivasi Arse (KPA Gemar) dan ada beberapa hal penting yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut.

"Inovasi FPPSN dan KPA Gemar ini berhasil menciptakan pusat perekonomian rakyat di sekitar lokasi wisata dan sekaligus mampu menyediakan wahana penyaluran bakat dan minat para pencinta alam, " katanya.

Syahrul bercerita, bahwa ia dulunya juga pernah menjadi penggiat Non Government Organisation (NGO) bidang lingkungan. Bahkan turut tercatat sebagai salah seorang yang berperan dalam mendorong terbentuknya Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Utara bersama Soekirman Bupati Serdang Bedagai saat ini.

" Kegiatan kearifan lokal yang menasional seperti ini harus terus kita kembangkan, apalagi kalau tahun ini Tapsel masuk nominasi penerima penghargaan pelestarian lingkungan hidup (Kalpataru) dari Pemerintah Pusat, " ucapnya.

Menyinggung pembangunan sektor pariwisata di 15 Kecamatan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini Syahrul menyebutkan telah banyak perubahan dilakukan, termasuk wisata dan olahraaga Paralayang di Sarogodung Sipirok dan berharap semoga ke depan pembangunan ini dapat dilanjutkan dengan lebih baik lagi.

Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang yang juga putera daerah Kecamatan Arse, berjanji akan berperan aktif mendorong pemuda-pemudi menggali potensi sumber daya alam menjadi destinasi wisata.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang mengakibatkan adanya kebijakan pemotongan anggaran daerah hingga ratusan miliar rupiah jelas-jelas sangat berdampak buruk bagi roda pembangunan daerah termasuk sektor pariwisata.

" Untuk itu, mari berinovasi dan berkreasi mengembangkan berbagai potensi yang ada di sekitar kita. Karena sesuai dengan penyampaian pak Bupati tadi, hingga kini Tapsel masih memiliki banyak potensi yang terpendam, " sebutnya.

Terkait Pilkada Tapsel 2020, Sogot meminta masyarakat tidak mudah terprovokasi apalagi menjurus hal-hal negatif. " Cerdaslah melihat pesatnya pembangunan saat ini, sehingga bisa memilih pemimpin yang mampu melanjutkan pembangunan Tapsel ke depan, " harapnya
 
Sementara Ketua FPPSN Indra Muda Siregar, mengatakan Nanggar Jati Camp 2020 dipelopori FPPSN dan KPA Gemar dengan mengusung tema ‘Konservasi Komunitas Pencinta Alam’ dan diikuti lebih dari 200-an KPA yang berasal dari Sumatera dan Jawa, kemudian ditambah 400 orang dari KPA lokal, termasuk pemuda Sipirok-Narobi.

Indra menyampaikan apresiasi kepada seluruh pencinta alam dan masyarakat yang turut ambil bagian meramaikan Nanggar Jati Camp 2020 dan juga berterimakasih kepada Bupati dan Ketua DPRD Tapsel beserta rombongan yang hadir di acara ini.

" Nanggar Jati Camp yang pertama kalinya digelar ini diikuti Kelompok Pencinta Alam (KPA) dari berbagai daerah. Bertujuan untuk mengenalkan dan mengembangkan potensi wisata daerah, khususnya yang ada di Kecamatan Arse sebagai bahagian Sipirok-Narobi dan umumnya di Kabupaten Tapsel, " katanya.

Sedangkan para tokoh masyarakat sangat bangga dengan pelaksanaan Nanggar Jati Camp 2020 dan kepada Bupati Tapsel yang sudah banyak membangun dan mengubah wajah Sipirok-Narobi menjadi lebih baik,  mereka sampaikan terimakasih.

" Kami sudah pertimbangkan dan meminta masyarakat berpikir cerdas dalam memilih pemimpin Tapsel ke depan, sehingga pembangunan yang sudah maju ini dapat dilanjutkan pemimpin berikutnya, " pinta mereka. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini