-->

Dosen USU Sambangi Lokasi Pertanian Jamur Tiram di Medan Marelan

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen-dosen Universitas Sumatera Utara, dimana para dosen tersebut sambangi lokasi pertanian jamur tiram Jamur Keluarga yang berada di Jalan Marelan Pasar 1 Gang Bengkel, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Tim pengabdian terdiri dari tiga orang dosen Universitas Sumatera Utara yaitu Dr. Liana Dwi Sri Hastuti, S.Si, M.Si., Prof. Dr. Erman Munir, M.Sc, dan Miswar Budi Mulya, S.Si., M.Si., melaksanakan pengabdian atas program ABDIMAS yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (USU) tahun 2020.

"Permasalahan ini merujuk pada tinjauan pemasaran jamur tiram dari hasil panen para petani jamur tiram di kota Medan. Maka dari itu kami melakukan pendataan melalui komunitas Rumah Jamur Medan (RJM), pada Selasa kemarin," kata salah seorang dosen yang melaksanakan pengabdian pada masyakat, Senin (24/8/2020).

Dikatakannya, lokasi sekretariat para komunitas tersebut berada di tempat budidaya jamur tiram milik Bapak ismail selaku ketua Rumah Jamur Medan (RJM). 

"Pengabdian bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai hasil panen jamur tiram yang beredar di daerah pemasaran Kota Medan, " ujarnya.

Selain itu pemberian solusi dalam mengatasi panen membludak kepada komunitas tersebut maka pihaknya memberikan alat berupa mesin pengering yang dilengkapi dengan pengatur temperatur sehingga akan menghasilkn produk yang berkulaitas dan hieginis. 

"Untuk itu pengabdian ini menjawab masalah yang dihadapi oleh para petani di kota Medan. Harapan pengabdian ini, yaitu akan menjadi jalan kesejahteraan bagi petani jamur tiram di kota Medan," katanya.

Penyuluhan dan pendataan terhadap kelompok tani RJM dilakukan oleh tim yang melibatkan mahasiswa (Cynthia Ghozali)  serta alumni (Rendra Syahputra Tanjung)  Departemen Biologi FMIPA-USU. (PP-04)
Komentar Anda

Berita Terkini