-->

Dukung Petani Jamur Tiram, Dosen USU Laksanakan Pengabdian pada Masyarakat

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9
Telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen-dosen Universitas Sumatera Utara di pertanian jamur tiram Mikko Jamur yang berada di Jalan Sei Batang Hari Gang Abadi 126 H, Kelurahan Babura Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Tim pengabdian terdiri dari tiga orang dosen Universitas Sumatera Utara yaitu Dr. Yurnaliza, M.Sc., Liana Dwi Sri Hastuti, Ph.D., dan Riyanto Sinaga, S.Si., M.Si., melaksanakan pengabdian atas program ABDIMAS yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (USU) tahun 2020.

"Kami sudah melaksanakan pengabdian pada masyarakat ini pada Selasa (18/8/2020) kemarin, dimana permasalahan utama yang dialami oleh petani jamur yang berperan sebagai mitra adalah kurangnya kualitas serta standardisasi alat-alat dan lingkungan pembibitan yang berdampak pada kurangnya kualitas jamur tiram yang akan dipanen,"kata salah seorang dosen tersebut, Senin (24/8/2020).

Oleh karena itu, tim pengabdian menerapkan metode kultur teknik, yang merupakan serangkaian prosedur pembibitan jamur tiram secara aseptis serta menggunakan autoklav, yang diharapkan akan meningkatkan kualitas jamur tiram ketika akan dipanen. 

"Menurut kedua petani Mileniall ini yakni Rakha Ajie Prabowo, dengan adanya program  pengabdian ini, telah menjadikan mereka petani millenial yang mandiri.  Dengan adanya autoklf manual, mereka tidak perlu lagi membeli  bibit dari produsen jamur tiram yang lain. Dengan adanya autoklaf ini pula dapat meningkatkan produksi jamur tiram," ujar dosen tersebut. 

Dikatakannya, tidak hanya untuk produksi sendiri,  bibit yang akan mereka produksi akan dijual guna menambah pemasukkan lain selain jamur tiram segar. 

Penyuluhan prosedur kuktur teknik dilakukan team yang melibatkan mahasiswa (Farchan Muhammad)  serta alumni (Iradani Yupita Ningrum)  Departemen Biologi FMIPA-USU. (pp-04)
Komentar Anda

Berita Terkini