-->

Dukung Program Ketahanan Pangan, RSI Tabur 100 Ribu Benih Tilapia di Danau Toba

HARIAN9 author photo

PARAPAT | H9
Sebagai bentuk dukungan terhadap program Ketahanan Pangan dari Pemerintah, manajemen Regal Springs Indonesia (RSI) bersama dengan Pemerintah Daerah setempat, Kepala Desa dan Kelompok Nelayan melakukan tebar benih sebanyak 100 ribu benih Ikan Tilapia di perairan Danau Toba, rabu (18/8/2020). 

Di sela-sela penebaran benih tersebut, Dian Octavia, selaku Senior Manager Corporate & Community Affairs PT Aqua Farm Nusantara mengatakan, penaburan benih ikan Tilapia di kawasan Danau Toba ini merupakan program keberlanjutan KAMI PEDULI dari RSI untuk mendukung Nelayan serta Ketahanan Pangan Pemerintah di tengah Pandemi corona virus desease atau Covid-19 ini. 

Lebih lanjut dikatakan oleh Dian Octavia, bahwa penebaran benih ikan Tilapia ini merupakan komitmen dalam Program KAMI PEDULI Komunitas Danau & Air Regal Springs Indonesia yang dilaksanakan perusahaan 
bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba dan Samosir. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan ketersediaan ikan di danau dan mempertahankan keseimbangan ekosistem lingkungan perairan. Program ini juga bertujuan untuk mendukung para nelayan 
dan mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan ditengah Pandemi corona ini”ungkap Dian Octavia, Senior Manager Corporate & Community Affairs PT Aqua Farm Nusantara.

Dian menambahkan, dengan peningkatan ketersediaan ikan di Danau Toba ini, diharapkan hal ini akan meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat sekitar Danau Toba, khususnya masyarakat nelayan. 

"Penebaran benih ikan Tilapia ini biasanya dilakukan empat kali setahun, bekerjasama dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk instansi pemerintah, nelayan, mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya," imbuhnya. 

Dijelaskan Dian Octavia, bahwa RSI meluncurkan Program Keberlanjutan KAMI PEDULI ini pada Juni 2019 dan merupakan program keberlanjutan terintegrasi penuh 
pertama di dunia untuk industri budidaya dan pengolahan ikan dan untuk produsen Tilapia 
yang diselaraskan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Turut hadir dalam melakukan penebaran benih tersebut Ketua Komisi B DPRD Sumatera Utara, Viktor Silaen dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, Mulyadi Simatupang.(WPU06) 


Komentar Anda

Berita Terkini