-->

Jambore Kader TP. PKK Asahan Tahun 2020 di Laksanakan Secara Virtual

HARIAN9 author photo
KISARAN | H9
Jambore Kader TP. PKK Kabupaten Asahan Tahun 2020 dilaksanakan secara berbeda dari tahun sebelumnya, dimana biasanya pelaksanaan Jambore Kader TP. PKK Kabupaten Asahan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kisaran dengan melibatkan seluruh Kader TP. PKK setiap kecamatan se-Kabupaten Asahan. 

Tetapi pada tahun 2020 ini Jambore Kader TP. PKK Kabupaten Asahan dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan melalui virtual dengan seluruh Kader TP. PKK yang ada disetiap kecamatan se-Kabupaten Asahan. Hal ini disebabkan karena negara kita tengah menghadapi wabah pandemi Covid-19. Maka dari itu untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Asahan kita harus mematuhi protokol kesehatan dan himbauan yang diberikan oleh pemerintah yakni membatasi peserta Jambore.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Asahan M. Azmy Ismail, A. P, M. Si menyampaikan laporannya, dimana kegiatan Jambore Kader TP. PKK Kabupaten Asahan ini memiliki tujuan, diantaranya memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan lahir bathin menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Selain itu tujuannya untuk menambah pengetahuan dan wawasan para kader dengan saling bertukar pengalaman dan informasi sekaligus menjalin hubungan silaturahmi dan mempererat rasa kebersamaan antara kader.

Beliau juga menyampaikan bahwa peserta kegiatan Jambore Kader TP. PKK ini terdiri dari pengurus TP. PKK Kecamatan, Kader TP. PKK se- Kabupaten Asahan dengan jumlah peserta sebanyak 727 orang dan para peserta ini nantinya akan diberikan piagam penghargaan oleh Bupati Asahan.

Mengakhiri laporannya beliau menyampaikan adapun kegiatan Jambore TP. PKK tahun 2020 dimasa pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan dua perlombaan yaitu lomba yel-yel dan lomba penyuluhan.

Dikesempatan yang sama Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya pada sambutannya mengatakan tema pada Jambore Kader TP. PKK Kabupaten Asahan tahun 2020 ini adalah “Peran Kader PKK dimasa Pandemi Covid-19”.

Untuk mewujudkan harapan dan tema diatas, TP. PKK Kabupaten Asahan beserta Dinas PMD Kabupaten Asahan dan OPD terkait selaku Pembina TP. PKK Kabupaten Asahan bersinergi menyelenggarakan Jambore Kader PKK ini, dengan harapan kegiatan ini terlaksana dengan sukses mengingat begitu besarnya peranan para Kader PKK memberikan pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat ditengah-tengah pandemi Covid-19 yang berdampak besar bagi kehidupan masyarakat dan mengakibatkan terjadinya penurunan pertumbuhan ekonomi, kemiskinan dan pengangguran.

Beliau berharap kepada para Kader PKK dapat berperan aktif terhadap berbagai kegiatan, mampu memanfaatkan peluang yang ada, memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang, fokus pada hal-hal yang memungkinkan untuk diubah atau diperbaiki serta tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan.

Selain itu dapat mendorong keluarga sebagai bagian dari unit sosial menjadi ujung tombak dari berbagai kegiatan seperti program pendidikan formal, pengembangan ekonomi dan pemutusan penularan Covid-19 serta pusat kegiatan sosial lainnya.

“Mari kita jadikan kegiatan Jambore ini untuk menimba pengetahuan dan bertukar pengalaman sesama kader dan jadilah kader kebanggaan bagi masyarakat dan kader PKK handal Yang bekerja dengan sepenuh hati,” tutup beliau.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Bupati Asahan H. Surya, BSc menyerahkan KIA secara simbolis kepada Ketua TP. PKK Kecamatan Tanjung Balai sebanyak 44 buah, Ketua TP. PKK Kecamatan Pulo Bandring sebanyak 85 buah, Ketua TP. PKK Kecamatan Meranti 146 buah, Ketua TP. PKK Kecamatan Setia Janji 124 buah, Ketua TP. PKK Kecamatan Simpang Empat 84, Ketua TP. PKK Kecamatan Air Joman 269, Ketua TP. PKK Kecamatan Sei Dadap 136 buah dan 91 Akte Kelahiran.

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan kegiatan Jambore Kader TP. PKK ini merupakan awal dan momentum yang tepat bagi kita untuk menjadikan Kabupaten Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri, untuk itu kami berharap kepada seluruh Kader TP. PKK agar dapat berperan aktif dalam menunjang pergerakan pembangunan daerah serta memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat agar solusi strategis dapat diambil.

“Jadikan kegiatan ini sebagai wadah memupuk kebersamaan dan ajang silaturrahmi, saling berbagi pengalaman sekaligus meningkatkan kemampuan pada setiap kader. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan persahabatan antar kadar sehingga dapat saling memotivasi dan meningkatkan etos kerja, kebersamaan dan profesionalisme, sehingga TP. PKK menjadi organisasi yang solid, kreatif dan inovatif.

Beliau juga mengatakan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini, saya harapkan kepada Kader TP. PKK dapat mensosialisasikan kepada masyarakat secara masif mengenai protokol kesehatan yang harus diikuti serta menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan atau keramaian, hingga menjaga imunitas tubuh dengan istirahat cukup dan rajin berolahraga serta makan makanan bergizi seimbang.

“Saya harap ini terus disampaikan dan diikuti dengan simulasi-simulasi yang baik, sehingga saat kita masuk ke dalam tatanan normal baru bukan dilakukan karena terpaksa, tetapi dilakukan karena kesadaran, rasa tanggung jawab masyarakat sendiri dan kedisiplinan warga itu sudah siap menjalankan kebiasaan baru ini,” tutup beliau.

Di akhir kegiatan Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan menyerahkan hadiah kepada pemenang yel-yel terbaik tingkat Kabupaten Asahan dan pemenang lomba penyuluhan tingkat Kabupaten Asahan pada kegiatan Jambore Kader TP. PKK Kabupaten Asahan Tahun 2020

Tampak hadir Bupati Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan beserta beberapa pengurus, Ketua TP. PKK Kecamatan serta beberapa pengurus. (wb032)
Komentar Anda

Berita Terkini