-->

Kunker Ke Palas, Irjen Kementerian Pertanian Diulosi Bupati

HARIAN9 author photo
PALAS | H9
Bupati Padang Lawas (Palas), H. Ali Sutan Harahap mengulosi Insfektur Jenderal (Irjend) Pertanian, DR. Ir. Sumardjo Gatot Irianto, MS, DAA. dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Penyambutan tersebut ini dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati yang berada di Jalan KI Hajar Dewantara, Linfkungan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Provinsi Sumut, Kamis (13/09/2020) yang dihadiri Forkopimda dan Pimpinan OPD, serta tamu dan undangan lainnya.

Acara pemberian ulos (Mangulosi) ini adalah tradisi adat istiadat daerah, sebagai penghormatan kepada tamu. Irjend Kementerian, Sumardjo Gatot Irianto secara langsung diulosi  Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap didampingi Wakil Bupati (Wabup), drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt. MM. MSi, Kapolres Palas, AKBP. Jarot Yusviq Andito SIK, dan Pabung  0212/TS, Kapten Arh, Saleh Hasibuan.

Selepas pemberian ulos dalam menyambut tamu, dilanjutkan dengan pemberian cendramata kepada Irjend Kementerian, DR Ir Sumardjo Gatot Irianto sebagai tanda telah mengunjungi Kabupaten Palas.

Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap mengucapkan, selamat datang kepada dr. Ir. Sumardjo Gatot Irianto, MS, DAA. beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja di Kabupaten Palas

Atas kunjungan ini sebagai bentuk sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Sehingga pelaksanaan atau pengembangan ketahanan pangan dapat dilakukan berdasarkan koordinasi yang matang dari seluruh pemangku kebijakan, “kata Ali Sutan.

Bupati juga menjelaskan, Kabupaten Padang Lawas mekar berdasarkan Undang – Undang No 38 tahun 2007 yang pada awalnya hanya memiliki sembilan kecamatan, setelah 2 tahun berkembang menjadi 12 kecamatan hingga sekarang telah memiliki 17 kecamatan.

Secara geografis Kabupaten Padang Lawas memiliki batas- batas, sebelah utara Kabupaten Padanglawas Utara, sebelah selatan Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Kabupaten Mandailing Natal. Jelas Bupati.

Selain itu Lanjut Bupati, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Palas dengan memiliki luas wilayah 3.892,74 KM yang di dalamnya terdiri dari lahan pertanian tanaman Padi dan tanaman Palawija.

“Berdasarkan data BPS, pertumbuhan perekonomian Palas tahun 2019 mencapai sebesar 5,64 persen. Sebagian besar masyarakatnya bekerja pada sektor pertanian, perkebunan dan peternakan, “sebut Ali Sutan.

Di bidang pertanian, komoditi terbesar adalah Padi Gogo dan tanaman Palawija. Pada tahun 2020 ini, data realisasi luas tanam padi dari bulan Januari sampai dengan bulan Juli adalah 8820 hektar, masih sedikit di bawah target luas tanam yaitu 9 459 hektar. Ujar Bupati.

Sedangkan untuk Luas panen padi di Kabupaten Palas mencapai 17050 hektar dengan produktivitas 3,5 ton/hektar dengan perolehan produksi mencapai 59675 ton, gabah kering setara dengan 38.192 ton beras. Jika konsumsi beras dari bulan Januari sampai Juli 2020 di Kabupaten Padang Lawas adalah sekitar 18.458 ton, maka masih surplus beras sekitar 19.733  ton beras. Diterangkan Bupati.

Hal ini, tentu saja sangat menggembirakan apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, dimana ketahanan pangan merupakan pondasi daripada ketahanan nasional.

“Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, dibutuhkan lebih banyak inovasi dan terobosan untuk memastikan tercukupinya kebutuhan pangan dan yang tidak boleh dilupakan dalam menjaga ketahanan pangan selama pandemi Covid-19 dengan petani tetap sehat, sejahtera dan semangat agar tetap terus berproduksi, “Tutur Bupati.

Inspektur Jendral (Irjend) Kementerian Pertanian, Sumardjo Gatot Irianto dalam menyahuti usulan Bupati Palas mengatakan, untuk kuota pupuk subsidi bagi petani akan ada penambahan bagi Petani di Kabupaten Palas.

Sumardjo juga berpesan, tidak boleh ada lahan yang kosong, manfaat tanah yang kosong untuk tanaman sayur mayur, Padi dan holtikultura. “Pihak Kementerian mendukung penuh program Pemkab Palas dalam pengembangan pertumbuhan pertanian secara global, “katanya.

Tampak hadir pada penyambutan tersebut, Wabup Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Palas, Arpan Nasution, Kapolres Palas, AKBP Jarot Yusviq Andito SIK, para Asisten, Pimpinan OPD dan Staf ahli serta tamu lainnya. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini