-->

Lomba Panjat Pinang Menjadi Tontonan Menarik Masyarakat di HUT RI Ke-75

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Antusias masyarakat yang tersebar di 17 Kecamatan se Kabupaten Padang Lawas (Palas) dan Lingkungan Kelurahan Pasar Sibuhuan memeriahkan HUT RI ke 75 diwarnai dengan berbagai  hiburan dan perlombaan, Senin (17/08/2020) hingga malam hari.

Lomba Panjat Pinang menjadi salah satu yang paling menarik untuk tontonan warga di kegiatan hiburan 17-an, sebagai ajang ketangkasan yang mengundang banyak perhatian masyarakat di setiap penjuru desa dan lingkungan.

Seperti yang terlihat dari pantauan Harian9.com di Banjar Raja, lingkungan III, dan lingkungan lainnya Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Lubuk Barumun, Sosa dan kecamatan lainnya. Panjat pinang tersebut selesai sampai malam hari,

Camat Barumun, As,ad Tupeil Nasution dan Sekcam Sosa, Ibrahim mengatakan dengan adanya peringatan HUT RI ke 75 menjadi tradisi di kalangan masyarakat diisi dengan hiburan Panjat Pinang.

“Acara ini menjadi moment sosialisasi, sekaligus hiburan yang menggembirakan bagi kalangan masyarakat khususnya di tingkat desa, “terang As,ad. “

Dikatakannya. Hiburan Panjat Pinang ini menyedot banyak warga yang menonton, karena mengundang gelak tawa saat menyaksikan group pemanjat yang merosot dan kesulitan menghadapi lumuran minyak gemuk yang membalut batang Pinang tersebut.

Lomba Panjat Pinang ini ditampilkan sebagai hiburan warga dengan berbagai macam hadiah, sebagai perangsang bagi peserta lomba yang berhasil meraih puncak untuk diwajibkan mengibarkan Bendera Merah Putih sebagai bentuk penghormatan hari kemerdekaan.

Dari semua jenis perlombaan yang diadakan, yang paling menarik perhatian masyarakat adalah Lomba Panjat Pinang, “ungkap As,ad.

Walaupun dalam suasana Pandemi Covid -19 lanjut As,ad, partisipasi masyarakat untuk menggelar Lomba Panjat Pinang menjadi tradisi disetiap menyambut HUT RI, sebagai hiburan yang menyenangkan sekaligus  membangkitkan semangat kebersamaan dalam Bhineka Tunggal Ika.

Camat Barumun Lebih lanjut menyebutkan, makna hakiki dari peringatan HUT RI adalah, semangat kebersamaan membangun bangsa dan semangat kebersamaan membangun karakter bangsa Indonesia yang lebih baik ke depan.

As,ad menambahkan, tujuan utama kegiatan lomba Panjat Pinang ini adalah untuk meramaikan kemeriahan HUT RI ke 75 yang juga sebagai ajang kreaktif warga untuk terus membangun kemajuan perubahan yang lebih baik ke depan.

“Melalui kegiatan lomba Panjat Pinang sebagai hiburan warga dapat menjadi media sarana  mensosialisasikan imbauan protokoler kesehatan kepada masyarakat, supaya dapat mematuhinya selama masa pandemi Covid-19, “tambahnya.

Berbagai aneka perlombaan yang digelar masyarakat sebagai bentuk hiburan di HUT RI ke 75, di antaranya lomba  Makan Kerupuk, Tarik Tambang putra dan putri, lomba Lari Goni anak -anak, serta lomba Panjat Pinang. Kata Camat menambahkannya lagi.

Di kesempatan itu, pemerintah desa dan lurah kelurahan memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan diri, serta mengikuti anjuran protokoler kesehatan untuk selalu mengunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Terselenggaranya berbagai  kegiatan perlombaan yang menjadi hiburan warga dalam memeriahkan HUT RI ke-75 ini, berkat kerjasama semua stakeholder dan masyarakat, ” tandasnya. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini