-->

Maknai Hari Kemerdekaan, Pemdes Ujung Batu I Laksanakan Upacara HUT RI Ke 75

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan perjuangan bersama dari seluruh elemen bangsa, serta pengorbanan para pejuang kemerdekaan agar terbebas dari belenggu penjajah dari tanah air Indonesia.

Memaknai hari kemerdekaan, Pemerintahan Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawaa (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan upacara menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke 75 yang digelar di Lapangan Bina Ika desa setempat, Senin (17/08/2020).

Peringatan hari kemerdekaan kali ini dilaksanakan secara sederhana. Namun tetap menunjukkan nilai-nilai perjuangan, hari Kemerdekaan ini harus kita jadikan momen untuk merenungkan jasa para pahlawan, sekaligus merenungkan kembali bagaimana kondisi negara ini, apakah merdeka yang dikatakan sudah sepenuhnya kita rasakan.

Mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan kontribusi kecil apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, dan senantiasa agar negara ini damai. Kita berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga ke anak cucu kita kelak, “sambungnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa (Kades) Ujung Batu I Hasan Basri menyampaikan, Syukur kita panjatkan kehadirat allah swt, dimana hari yang bersejarah ini kita dapat mengikuti peserta sebagai upacara memperingati dan mengenang kembali hari yang bersejarah dimana 75 tahun yang lalu, para pendiri bangsa kita memproklamasikan kemerdekaan republik indonesia, tepat tanggal 17 agustus 1945.

Saudara saudara sekalian ada hari yang mencekam, menegangkan, mengharukan dimana dalam kondisi serdadu serdadu jepang masih ada berada ditengah tengah kita, kata Hasan Basri.

Meskipun kaisar jepang telah menyerah kepada sekutu amerika namun angkatan perangnya diasia timur masih dalam kondisi siap tempur, mereka masih berambisi tetap untuk menguasai indonesia.

Namun saudara saudara semangat para juang kita, tekad pemuda, tidak kendur sedikitpun hidup atau mati hari itu juga indonesia harus merdeka dengan semboyan," Dari pada hidup bercermin bangkai, lebih baik mati berkalang tanah"

Maka soekarno-hatta atas nama bangsa indonesia memproklamirkan kemerdekaan bangsa indonesia, saudara saudaraku sekalian pada hari ini setelah 75 tahun kita merdeka lantas apa yang sepantasnya kita perbuat kalau para pahlawan kita dahulu kala rela meregangkan nyawa, berkorban harta dan jiwa. Sambungnya.

Selain itu Hasan juga mengatakan, Sekali lagi apa yang harus kita perbuat hari ini saudara saudaraku semuanya, sebagai gererasi penerus bangsa, hari ini kita adalah harus membangun indonesia agar menjadi bangsa yang bermartabat, berdaulat berdiri diatas kaki sendiri menuju indonesia yang adil dan makmur.

Tugas kita hari ini adalah bekerja keras, supaya masyarakat, desa kita yang lemah dapat bangkit kesejahteraan dapat kita nikmati bersama sama. Katanya.

Saudara saudaraku sekalian tema kita hutri hari ini adalah membangun kesenian dan budaya, kesenian yang lahir dari usaha usaha yang kreatif yang dilakukan masyarakat akan lahirkan karya karya yang bermanfaat dan bernilai tinggi. Ujar Hasan.

Sementara, kebudayaan adalah gambaran atau dari pola hidup masyarakat dalam suatu desa atau lingkungan perpaduan dari seni dan kebudayaan akan melahirkan tingkat peradapan suatu masyarakat.

Oleh karena itu saudaraku, kita akan tingkatkan dan bangun kesenian yang ada didesa kita ini, dari seluruh suku yang ada kita akan perkuat adat istiadat yang ada dalam setiap etnis agar kehidupan masyarakat kita berbudaya, beriman, dan semakin bercahaya. Ungkap Hasan Basri.

Disamping itu, Ia meyakini selaku kepala desa apabila kesenian dan kebudayaan ini, kita hidupkan kembali dengan sungguh sungguh maka lahirlah kearifan lokal yang sangat indah dan baik. Sehingga akan membawa manfaat yang besar bagi desa kita saya sangat bangga dan bertrimakasih atas semua yang hadir berpartisifasi dalam pelaksanaan upacara peringatan HUTRI ke 75 diringkat desa kita ini. Sebutnya.

Saat ini kita sedang berjuang melawan Covid-19, perjuangan kita sekarang tidak lagi melalui senjata melawan para penjajah tapi saat ini kita melawan virus yang tak terlihat.

“Perjuangan kita saat ini adalah melawan ego masing-masing untuk senantiasa patuh terhadap aturan-aturan protokol kesehatan. Sehingga penyebaran virus bisa ditekan secepat mungkin, “pungkasnya.

Kegiatan peringati HUT RI ke 75 di Pemdes Ujung Batu I ini dimulai dengan
Diantaranya, Lomba Bersih lingkungan antar ke RT an., Lomba TOGA ( Tanaman Obat Keluarga ) ke RT an., Lomba rumah bersih dan sehat perwakilan ke RT an malam hiburan, dan kesenian tradisional atau budaya dan lainnya. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini