-->

Modus Kenalan di FB, Lelaki Ini Gelapkan Sepeda Motor Dari Enam Wanita

HARIAN9 author photo
DELISERDANG| H9
Berawal dari kenalan melalui facebook dengan seorang pria, Sup, wanita asal Dusun IV, Desa Kesatuan, Kecamatan Perbaungan, Serdangbedagai (Sergai), langsung kesengsem (jatuh hati).  Chating punya chating, sang pria mengajak Sup bertemu. Mendapat ajakan bertemu, Sup langsung semringah dan mengamininya. Sang pria dalah M alias Gelek, pria 40 tahun. 

Keduanya sepakat bertemu, pada Rabu, 29 Juli 2020 lalu, pukul 16.00 WIB di perkebunan kelapa sawit, Desa Pertumbukan, Kecamatan Galang, Deliserdang. Waktunya tiba, dengan hati yang berbunga-bunga, Sup datang dengan mengendarai Honda Vario warna merah BK 2180 XBC miliknya. 

Sesampainya di lokasi, M kemudian mengajak Sup berkeliling naik kereta, hingga sampai di salah satu jalan kebun yang becek dan berlumpur. M lantas meminta Sup turun sebentar dari kereta. Tanpa curiga, Sup turun dan berjalan. Namun, M langsung kabur meninggalkan Sup.

"Tersangka meminta korban turun dengan alasan agar kereta bisa melewati jalan becek. Setelah korban turun, tersangka langsung membawa kabur kereta tersebut dan meninggalkan korban sendirian di lokasi," jelas kata Kasat Reskrim Polresta Deliserdang, Kompol M Firdaus kepada wartawan, Rabu (5/8). 

Alhasil, Sup terpaksa berjalan kaki untuk mencari pertolongan, hingga bertemu dengan Doni, warga setempat. Doni kemudian membonceng dan membawa Sup ke Mapolresta Deliserdang untuk membuat laporan.

Saat membuat laporan itu, personel Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Deliserdang meminta Sup untuk melengkapi dokumen kendaraannya dan akhirnya pengaduan wanita itu diterima, Senin (3/8), dengan bukti lapor No. LP/388/VIII/2020/SU RESTA DS.

"Berdasarkan pengaduan korban, personel kemudian melakukan penyelidikan hingga mendapat informasi, Selasa pagi (4/8), tersangka sedang di rumahnya di Dusun IV, Dalu XA, Kecamatan Tanjungmorawa," beber Firdaus.

Polisi segera bergerak ke rumah M dan meringkusnya tanpa perlawanan. Kepada polisi, Misdi mengakui semua perbuatannya. Selain itu, Misdi juga telah melarikan kereta milik lima wanita lainnya dengan modus mengajak ketemu setelah berkenalan melalui facebook. Salah satu korbannya adalah KN, wanita asal Binjai.

KN kehilangan kereta Suzuki Shogun SP tahun 2007 warna biru setelah bertemu dengan M di Binjai. "Saat berjumpa, tersangka pura-pura meminjam kereta korban dengan alasan beli rokok, lalu pelaku meninggalkan korban KN," kata Firdaus. 

Menggunakan modus serupa, M juga mengaku menggelapkan kereta Honda Beat tahun 2012 warna putih dari seputaran Alfamart Delitua, pada Senin, 3 Agustus 2020, dengan korban ID, seorang wanita, warga Simpang Kayu Besar, Kecamatan Tanjungmorawa. 

Kemudian, satu unit Honda Supra X 125 warna merah, setelah bertemu dengan wanita lainnya di Pajak Irian, Tebingtinggi, pada Juli 2020. Honda Vario tahun 2009 warna putih setelah bertemu dengan wanita berinisial UM di Tugu Pahlawan, Pangkalan Brandan, pada Januari 2019. 

Selanjutnya, satu unit Honda Spacy tahun 2011 warna hijau setelah bertemu dengan korbannya TRI di seputaran Suzuya, Tanah 600, Marelan, juga pada Januari 2019. 

"Jadi, modusnya selalu, tersangka M ini mengajak para korban bertemu setelah berkenalan melalui medsos facebook. Setelah bertemu tersangka kemudian pura-pura meminjam kereta para korban dan selanjutnya melarikannya. Atas perbuatannya, Misdi dijerat Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara," terangnya. WD-40
Komentar Anda

Berita Terkini