-->

PD. RPH Kota Medan Terima Perpanjangan Sertifikat Halal

harian9 author photo
PD. RPH Medan Terbitkan Rekomendasi Sertifikat Kepada Pedagang  


MEDAN| H9
Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD. RPH) Kota Medan kembali menerima perpanjangan Sertifikat Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obat dan Kosmetika (LPPOM-MUI), melalui webinar zoom meting pada hari Rabu 19 Agustus 2020,yang langsung diserah kan oleh Direktur LPPOM MUI Sumut Prof dr.Ir. H. Basyaruddin, MS dan dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Drs.Ahmad Sanusi Luqman, LC, MA dan 24 utusan perusahaan yang menerima Sertifikat Halal. 

Sementara itu Dirut PD. RPH Kota Medan Ainal Mardiah, SPd.,MSi Diwakili Sekretaris Isa Anshari SF, menyampaikan, perpanjangan Sertifikat Halal yang diterima dari LPPOM MUI Sumut ini berlaku selama dua tahun tepatnya sampai 22 Juni 2020. PD. RPH Kota Medan adalah satu satunya rumah potong hewan di Medan yang memiliki sertifikat halal. 

"Maka inilah yang menjadi dasar para pengusaha pemotong sapi atau kerbau untuk memproduksi daging halal. Seharusnya daging yang beredar diseluruh pasar di Medan sebaiknya memperoleh daging yang dikeluarkan dari Rumah Potong Hewan Kota Medan. Sehingga menjadi jaminan kepada masyarakat untuk memperoleh daging halal dari pasar kota Medan," ungkapnya, Kamis, (27/8/2020). 

Diakuinya, para pedagang daging yang berjualan disejumlah pasar kota Medan belum sepenuhnya memperoleh daging dari RPH Kota Medan, sehingga patu diragukan kehalallannya. Karena ada tempat pemotongan hewan yang keberadaannya diluar kota yang menggunakan metode stunning gun atau pemingsanan hewan sebelum di sembelih, yang sudah diharamkan menurut fatwa MUI.

"Untuk itu dihimbau kepada masyarakat yang membeli daging dipasar kota Medan, sebelum membeli sebaiknya bertanya dulu kepada pedagang daging terkait, apakah asal daging dipotong dari RPH Kota Medan," ungkap Isa yang juga Auditor Internal Halal yang juga pemilik sertifikat dari MUI Pusat 

Dijelaskannya, pasca diterimanya sertifikat halal dai MUI ini,  PD. RPH kota Medan akan menerbitkan rekomendasi yang dilengkapi fotocopy sertifikat halal, untuk seluruh pedagang daging uyang berjualan di semua pasar kota Medan, yang pengusaha yang memotongkan hewannya di RPH Kota Medan, Jalan Rumah Potong Hewan No. 1, mabar Hilir Medan. (pu.01)
Komentar Anda

Berita Terkini